Pembuatan Aplikasi Pembelajaran Perhitungan dengan Metode Jari Magic untuk Pemula
Main Author: | LIMANIUS, YUTA NATTAVIM |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Teknik UBAYA
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/13506/1/TI_1489_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/225915 http://repository.ubaya.ac.id/13506/ |
Daftar Isi:
- Metode Jarimagic adalah salah satu me tode untuk berhitung dengan menggunakan sepuluh jari tangan sebagai alat bantu untuk berhitung mulai dari satuan hingga ribuan dengan suatu metode yang sederhana. Berdasarkan hasil wawancara dengan pengajar disuatu tempat kurs us dapat disimpulkan bahwa saat ini kebanyakan siswa pada tempat kursus tersebut kurang fokus dengan sistem pengajaran yang ada. Untuk membantu mengatasi masalah ini, maka dibuat sebuah aplikasi pembelajaran perhitungan dengan metode Jarimagic berbasis multimedia. Hasil analisis terhadap CD Interaktif Jarimagic menunjukkan bahwa metode Jarimagic memiliki kekurangan dalam perhitungan perkalian dan pembagian. Kekurangan dari perkalian adalah adanya pembagian golongan A untuk bilangan dengan satuan 1 sampai 5 dan golongan B untuk bilangan dengan satuan 6 sampai 10. Tiap golongan dibagi menjadi be berapa sub golongan berdasarkan besar puluhan yang sama. Perkalian dengan menggunakan metode Jarimagic hanya dapat digunakan untuk memecahkan soal yang terdiri dari sub golongan yang sama. Untuk membantu memecahkan soal yang perkalian yang lebih komplek maka metode Jarimagic akan digabungkan dengan metode Jari Hitung Cepat Indonesia (JHCI). Kekurangan dari pembagian adalah angka yang dibagi harus antara angka 36 sampai 90. Angka pembagi hanya antara angka 6 sampai 9. Permasalahan yang ada pada metode pembagian Jarimagic tidak dapat dipecahkan karena belum ditemukannya metode berhitung lain yang dapat dengan mudah membantu memecahkan soal yang komplek. Pengaplikasian sistem dilakukan dengan menggunakan program Adobe Flash CS3 dengan bahasa pemrograman ActionScript 3.0. Hasil uji coba sistem dilakukan dengan menyebarkan 20 kuisioner yang terdiri dari 10 orang siswa dan 10 orang pengajar. Kesimpulan yang didapat dari hasil ujicoba adalah aplikasi dapat membantu pengajar untuk menjelaskan materi Jarimagic di tempat kursus.