Studi Deskriptif Perilaku Konsumen Surabaya dalam Melakukan Pembelian Batik

Main Author: ARSAD, HILDA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/12634/1/M_4991_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224008
http://repository.ubaya.ac.id/12634/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan Perilaku Konsumen Surabaya dalam melakukan pembelian batik, mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi konsumen Surabaya ketika hendak melakukan pembelian batik, sebagai mana diketahui batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia dan batik juga termasuk dalam atraksi wisata yang mampu menarik wisatawan mancanegara ataupun wisatawan lokal. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 100 responden yang sudah pernah melakukan pembelian batik, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dan convenience. Temuan penelitian menunjukkan bahwa dalam melakukan pembelian batik konsumen Surabaya sering dipengaruhi oleh keluarga dan teman, berusia antara 18-35 tahun, konsumen yang membeli batik cenderung berprofesi sebagai karyawan dan wiraswasta, serta dengan memiliki alasan untuk membeli adalah karena motif yang beragam, konsumen juga cenderung mengetahui tentang batik dari keluarga dan teman dan hampir seluruh konsumen Surabaya menyatakan puas setelah membeli dan menggunakan batik.