Studi Eksploratori Experiential Marketing pada Pembelian dan Pengguna Ipad Apple di Surabaya

Main Author: BALADRAF, FAWAZ JAMAL
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2011
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/12633/1/M_4990_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/224007
http://repository.ubaya.ac.id/12633/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam pengalaman konsumen ketika membeli dan menggunakan Ipad Apple. Melalui penelitian ini diharapkan dapat mengetahui pengalaman apa saja yang dirasakan oleh pelanggan Ipad Apple berdasarkan elemen-elemen experiential marketing menurut Schmitt. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode exploratori. Selain itu penelitian ini juga menggunakan paradigma interpretif untuk menggali pengalaman dari objek penelitian melalui observasi langsung terhadap informan. Untuk mendapatkan data primer, dilakukan melalui wawancara langsung secara mendalam (depth interview) terhadap informan berdasarkan pertanyaan-pertanyaan mengenai elemen experiential marketing pada Ipad Apple. Jumlah informan yang diwawancarai berjumlah tujuh orang. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, dari kelima faktor experiential marketing yang telah diteliti pada Ipad Apple, dapat diketahui bahwa dimensi yang sangat berkesan adalah think experience dikarenakan para informan merasakan secara umum bahwa Ipad Apple merupakan produk yang sangat bermanfaat dan membantu meringankan pekerjaan yang dilakukan oleh semua informan. Selain itu juga informan berpendapat bahwa produk Ipad Apple lebih mudah digunakan, produknya lebih praktis bila dibandingkan laptop, dan harga produk yang sesuai dengan kualitas yang diberikan oleh Ipad Apple. Dan elemen yang tidak berkesan dalam Ipad Apple yakni relate experience, karena para informan lebih sering menggunakan produk Ipad Apple ini sendiri dari pada menggunakannya bersama kerabat maupun saudara.