Pengaruh Iklan XL Versi 'Beneran Murahnya dari Menit Pertama' terhadap Brand Image XL Berdasarkan Persepsi Pemirsa Televisi di Surabaya
Main Author: | HARYANTO, RONI |
---|---|
Format: | Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf |
Terbitan: |
Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya
, 2011
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.ubaya.ac.id/12564/1/M_4966_Abstrak.pdf http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/223465 http://repository.ubaya.ac.id/12564/ |
Daftar Isi:
- Iklan adalah salah satu cara yang digunakan oleh pemasar untuk memasarkan produk. Iklan memainkan peranan penting karena bisa mempengaruhi brand image suatu produk. Banyak cara yang dilakukan operator seluler untuk membuat iklan televisi yang menarik, salah satunya dengan ide-ide kontroversial, salah satunya yang mendapat tanggapan kontroversial adalah iklan XL versi “Beneran Murahnya dari menit pertama”. Dengan melihat hasil sigi awal, dapat dilihat bahwa ada kecenderungan iklan televisi XL versi “Beneran Murahnya dari menit pertama”., berpengaruh terhadap brand image XL, karena merek XL dipersepsikan sebagai operator GSM yang murah sehingga anak kecil yang lugu dan jujur dengan polos menyatakan bahwa tarif XL memang murah. Konsep iklan yang digunakan dalam penelitian ini adalah menurut Rossiter dan Percy (1987:209), yaitu: heards words and sound effect, music, seen words, picture, colors, dan movement. Sedangkan elemen pengukuran brand image yang digunakan adalah tiga faktor pembentuk brand image menurut Keller (2005:p.183), yaitu: favorability of brand associations, strength of brand associations dan uniqueness of brand associations. Hasil analisis data keseluruhan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh iklan XL versi “Beneran Murahnya dari menit pertama” terhadap brand image XL berdasarkan persepsi pemirsa televisi di Surabaya. Hal ini terlihat dari hasil analisis regresi linier dengan persamaan regresi yang bernilai positif. Berdasarkan hasil pengolahan data dengan menggunakan regresi linier sederhana dapat diketahui besarnya pengaruh iklan terhadap brand image adalah sebesar 0,712, berarti apabila iklan mengalami kenaikan atau penurunan sebesar satu satuan skor persepsi maka brand image akan mengalami kenaikan atau penurunan sebesar 0,712 satu satuan skor persepsi.