Studi Deskriptif Hedonic Shopping Motivation pada Pusat Perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya

Main Author: LARASWATI, FENNY TIARA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2013
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/11126/1/M_5403_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235115
http://repository.ubaya.ac.id/11126/
Daftar Isi:
  • Berbelanja menjadi suatu kepuasan atau kenikmatan bagi setiap orang, sehingga hal ini mendorong terbentuknya hedonic shopping. Menurut Arnold dan Kristy (2003), konsep Hedonic Shopping Motivation ini dapat dikelompokkan menjadi enam dimensi yaitu Adventure Shopping, Social Shopping, Gratification Shopping, Idea Shopping, Role Shopping, dan Value Shopping. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan Hedonic Shopping Motivation pada pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya. Penelitian ini dilakukan di pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya dengan jumlah responden sebanyak 100 orang dengan cara pengambilan sampel convenience sampling. Identitas responden dan deskripsi jawaban responden diuji dan diolah dengan menggunakan analisa SPSS. Program SPSS yang digunakan adalah IBM SPSS Statistics version 20.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dimensi yang memiliki nilai rata-rata tertinggi adalah dimensi Social Shopping. Sedangkan dimensi yang memiliki nilai rata-rata terendah adalah Adventure Shopping. Hal ini dapat dijelaskan bahwa mayoritas masyarakat Surabaya yang mengunjungi pusat perbelanjaan Tunjungan Plaza Surabaya adalah untuk meluangkan waktu bersama keluarga atau teman, saling berinteraksi dengan orang lain dan untuk menjalin kebersamaan dengan keluarga atau teman.