Studi Eksploratori Motif Konsumen Membeli dan Menggunakan Kamera Nikon Digital Single Lens Reflex pada Komunitas Kopi Susu Surabaya

Main Author: KHAIRUDIN, AGENG
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/10385/1/M_5155_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/228131
http://repository.ubaya.ac.id/10385/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menggali lebih dalam motif yang melatar belakangi konsumen dalam membeli dan menggunakan kamera Nikon DSLR di kota Surabaya. Dalam penelitian ini objek penelitian yang digunakan adalah anggota dari sebuah komunitas fotografi di kota Surabaya yang bernama KOPI SUSU. Penelitian ini dibatasi pada anggota komunitas yang hanya menggunakan kamera DSLR Nikon, dan menggunakan konsep “hierarki kebutuhan” Maslow. Sumber data yang digunakan adalah data primer melalui wawancara secara mendalam (depth interview) dengan delapan informan yang dipilih sesuai dengan karakteristik yang telah ditetapkan. Menggunakan teknik pengambilan sampel non probability sampling dengan cara judgemental sampling. Pengolahan data primer menggunakan open coding, axial coding dan selective coding. Dari hasil pengolahan data primer melalui langkah langkah tersebut dapat diketahui lima motif wisata yang menjadi alasan konsumen membeli dan menggunakan kamera DSLR Nikon yaitu motif fisiologis, motif butuhan keselamatan dan keamanan, motif sosial, motif ego dan motif aktualisasi diri.