Study Deskriptif Destination Branding Kota Surabaya Berdasarkan Persepsi Wisatawan Domestik

Main Author: ANTONO, JERRY
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2012
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/10372/1/M_5152_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/227935
http://repository.ubaya.ac.id/10372/
Daftar Isi:
  • Surabaya memiliki banyak potensi wisata yang menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjungi Surabaya. Namun untuk bisa menarik lebih banyak wisatawan, maka Surabaya harus memiliki identitas tertentu sebagai bentuk diferensiasi dari kota Surabaya diantara kota lainnya. Pemberian identitas Surabaya ini dinamakan sebagai bentuk destination branding atas kota Surabaya. Dari sigi awal, nampak bahwa tujuan wisatawan mengenai Surabaya adalah cenderung untuk berbelanja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui destination branding yang sesuai dengan kota Surabaya untuk menarik wisatawan mengunjungi Surabaya. Penelitian ini adalah Study deskriptif, variabel penelitian ini adalah destination branding dengan komponen: daya tarik (attraction), fasilitas fasilitas publik dan personal (public and private amenities), aksesbilitas menuju Surabaya (accesbility), sumberdaya manusia (human resources), citra dan karakteristik (image and character), biaya hidup atau harga berbagai barang di Surabaya (price). Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 133 sampel. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: analisis deskriptif, diagram bar chart, dan tabulasi silang. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa destination branding tertinggi kota Surabaya adalah price yang menyangkut biaya hidup yang harus dikeluarkan wisatawan sehubungan dengan kegiatan mengunjungi kota Surabaya yang didukung dengan keberadaan hotel di Surabaya. Komponen destination branding terendah adalah accesbility.