Studi Deskriptif Tentang Faktor-faktor Yang Menyebabkan Customer Service Switching Behaviour Pada Perawatan Kecantikan Di Surabaya

Main Author: HARYONO, NATALIA
Format: Undergraduate thesis PeerReviewed application/pdf
Terbitan: Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya , 2014
Subjects:
Online Access: http://repository.ubaya.ac.id/10290/1/M_5436_Abstrak.pdf
http://digilib.ubaya.ac.id/pustaka.php/235620
http://repository.ubaya.ac.id/10290/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menggambarkan faktor-faktor yang menyebabkan customer service switching behavior pada perawatan kecantikan di Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan variabel pricing, inconvenience, core service failures, service encounter failures, employee response to service failures, attraction by competitors, ethical problems, dan involuntary switching and seldom-mentioned incidents; sumber data yang digunakan adalah data primer melalui penyebaran kuesioner kepada pelanggan perawatan kecantikan. Penelitian ini menggunakan karakteristik populasi yaitu pelanggan perawatan kecantikan yang pernah switching ke klinik kecantikan lain, pria atau wanita, pendidikan minimal SMA, dan pelanggan layanan perawatan kecantikan di Surabaya. Metode pengolahan data yang digunakan adalah distribusi frekuensi, diagram kue (pie), diagram batang dan tabulasi silang. Jumlah sampel yang ditetapkan dalam penelitian ini adalah 100 responden dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah responden yang terbanyak melakukan perpindahan ke perawatan kecantikan yang lain adalah perpindahan dari Erha Clinic ke Miracle Aesthetic Clinic sebanyak 9 responden (9%). Alasan terbanyak responden berpindah ke perawatan kecantikan lain adalah kesalahan teknis atau prosedur dalam pelayanan, layanan yang tidak sesuai dengan harapan pelanggan dan keunggulan pesaing. Kata Kunci : Deskriptif, Pelanggan, Switching behavior