PERBEDAAN ANTARA METODE PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN PEER ASSISTED LEARNING (PAL) TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN PRAKTIKUM ANATOMI PADA MAHASISWA SEMESTER I FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Main Authors: | Kanaka Puspita, Ida Ayu, Damayanti, Putu Ayu Asri, Wardani, Ni Putu, Eka Diarthini, Ni Luh Putu |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/88237 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/88237/44982 |
Daftar Isi:
- Metode pembelajaran peer assisted learning (PAL) mampu meningkatkan pemahanan dan interaksi sosial yang baik untuk mahasiswa tahun pertama yang tengah mengalami masa penyesuaian. Anatomi sebagai dasar pengetahuan preklinik sangat penting dan cenderung disampaikan dengan metode konvensional (teacher-centered). Penelitian in bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran anatomi antara metode konvensional dan PAL pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas KedokteranmUniversitas Udayana. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental semu (metode konvensional: kontrol; metode PAL: intervensi) dengan pretest dan post-test. Sampel diambil menggunakan teknik pengambilan acak pada mahasiswa tahun pertama di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana setelah mendapat persetujuan. Hasil pembelajaran diolah dengan SPSS melalui uji Wilcoxon dan Mann-Whitney. Dari penelitian ini ditemukan adanya perbedaan hasil pembelajaran antara metode konvensional dan PAL. Melalui uji Mann-Whitney didapatkan rerata peringkat kelompok dengan metode konvensional (145,67) lebih tinggi daripada kelompok dengan PAL (91,04) (p<0,05) dari total 238 mahasiswa. Temuan ini bermanfaat memberikan pemahaman metode pembelajaran lain terhadap mahasiswa tahun pertama dan menjadi analisa perbedaan kedua metode pada pembelajaran anatomi di Fakultas Kedokteran Universitasi Udayana. Kata Kunci: metode pembelajaran, konvensional, peer assisted learning.
- Peer assisted learning (PAL) method can improve understanding and good social interaction for first-year students who are undergong a period of adjustment. Anatomy as basic preclinical knowledge, is very important and tend to be conveyed by conventional methods (teacher-centered). This study aimed to determined differences in anatomical learning outcomes between conventional and PAL methods in first year student in Faculty of Medicine, Udayana University. This study used quasi-experimental methods (convensional method as control; PAL method as intervention) with pretest and post-test. Samples were taken by random sampling technique for first-year students at the Faculty of Medicine of Udayana University after obtaining approval. Learning outcomes processed with SPSS though Wilcoxon and Mann-Whitney test, from this research was found that there were differences in learning outcomes between conventional methods and PAL method. Through the Mann-Whitney test, the mean rank of the group using conventional methods (145.67) is higher the groups with PAL (91.04) (p<0.05) out of total 238 students. This finding is useful to provide an understanding of other learning methods for first-year students and be an analysis of the differences between the two methods in anatomy learning at Faculty of Medicine, Udayana University. Keywords: learning method, conventional, peer assisted learning