TINGKAT KEPUASAN DAN HARAPAN PASIEN RAWAT JALAN TERHADAP KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MENGWI I
Main Authors: | Arnaya, Agung Aditya, Niryana, I Wayan |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/78374 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/78374/41573 |
Daftar Isi:
- Pelayanan melalui puskesmas sangat besar peranannya dalam pemerataan kesehatan di Indonesia. Untuk dapat meningkatkan pemerataan kesehatan, pasien harus merasa puas dengan pelayanan puskesmas sehingga mereka dapat dengan rutin melakukan kontrol di puskesmas tersebut. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin melihat tingkat kepuasan pasien rawat jalan di Puskesmas I Mengwi. Dengan mengetahui tingkat kepuasan diharapkan puskesmas dapat terus meningkatkan kualitas pelayanannya sehingga pemerataan kesehatan di Indonesia dapat dicapai. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan potong-lintang menggunakan data primer berupa isian kuisioner yang diberikan kepada pasien rawat jalan Puskesmas I Mengwi pada minggu pertama bulan Oktober 2016. Pasien dengan gangguan jiwa dan gangguan dalam berkomunikasi di ekslusi dari studi ini. Hasil dari 30 sampel yang di dapatkan, di peroleh data bahwa berdasarkan kelompok umur, responden terbanyak ada pada kelompok umur 35 – 44 tahun (33,3%). Mayoritas responden adalah Pria (53,3%). Berdasarkan tingkat pendidikan terakhir, hampir setengahnya (43,3%) merupakan tamatan SMA atau sederajat. Jenis pekerjaan yang dilakukan oleh responden lebih dari sepertiganya (33,3%) merupakan wiraswasta atau berdagang. Analisis tingkat kepuasan menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pasien rawat jalan terhadap pelayanan kesehatan adalah 99,47%. Hampir seluruh pasien rawat jalan di Puskesmas Mengwi I merasa puas dengan pelayanan kesehatan yang diterima di sana. Data tersebut mengandung makna bahwa di tempat pelayanan kesehatan tersebut hampir menunjukkan kemajuan yang berarti, karena tidak mudah untuk memenuhi harapan para pelanggan tersebut. Kata kunci: Tingkat kepuasan, harapan, kualitas pelayanan, Puskesmas Mengwi I
- Services through primary health care play a very large role in health equity in Indonesia. To be able to improve health equity, patients must be satisfied with primary health care services so that they can routinely control their disease. Based on this, the researchers wanted to see the level of satisfaction among outpatients in Mengwi I’s Primary Healthcare. By knowing the level of satisfaction, it is expected that primary health care can continue to improve the quality of their services so that health equity in Indonesia can be achieved. This study was a descriptive study with a cross sectional approach using primary data in the form questionnaires given to Mengwi I primary healthcare outpatients in the first week of October 2016. Patients with mental disorders and communication impairment were excluded from this study. Of the 30 samples obtained, the data obtained was that based on age groups, the highest respondents were in the age group of 35-44 years (33.3%). The majority of respondents are men (53.3%). Based on the latest education level, almost half (43.3%) are high school graduates or equivalent. The type of work done by respondents is more than one third (33.3%) are entrepreneurs or trade. The satisfaction level analysis shows that the level of satisfaction of outpatients towards health services is 99.47%. Almost all outpatients at the Mengwi I Health Center were satisfied with the health services received there. The data implies that in the health care place almost shows significant progress, because it is not easy to meet the expectations of these customers. Keywords: Level of satisfaction, hope, quality of service, Mengwi I Health Center