HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN PAGI DAN STATUS GIZI TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Main Authors: Tamitha Hoata, Aprillia, Sutadarma, I Wayan Gede, Ayu Dewi, Ni Nyoman
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Udayana , 2021
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/70874
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/70874/38562
Daftar Isi:
  • Sarapan pagi dan status gizi memiliki banyak manfaat bagi anak usia sekolah untuk memelihara daya tahan tubuh sehingga mereka dapat beraktivitas atau belajar dengan baik, membantu memusatkan pikiran untuk belajar dan memudahkan penyerapan pelajaran serta memenuhi zat gizi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan pagi dan status gizi terhadap prestasi belajar pada siswa SD Kartika VII-1 Denpasar. Peneitian ini merupakan penelitian analitik dengan desain potong lintang. Penelitian dilaksanakan pada bulan September hingga Oktober tahun 2019. Populasi terjangkau merupakan siswa kelas 3,4 dan 5 dengan jumlah sampel penelitian 99 siswa yang  dipilih dari populasi berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi. Pengambilan data tentang kebiasaan sarapan melalui wawancara dan status gizi diambil dengan melakukan pengukuran berat  dan tinggi badan yang dianalisis menggunakan Z-Score serta data prestasi belajar dengan pengumpulan nilai akhir semester. Data dianalisis dengan uji chi square dan uji regresi logistic. Sebagian besar siswa memiliki kebiasaan sarapan yang baik yaitu sebanyak 56 orang (56,6%). Selain itu status gizi siswa juga tergolong baik, pada pengukuran status gizi berdasarkan indeks massa tubuh 55 orang (55,5%) orang memiliki indeks massa tubuh yang normal. Hasil analisis statistik menunjukkan adanya hubungan yang bermakna  antara kebiasaan sarapan pagi dan prestasi belajar (p=0,001) dan tidak ada hubungan antara status gizi dan prestasi belajar (p=>0,05). Hubungan antara kebiasaan sarapan pagi dan prestasi belajar dapat menjadi indikator bagi siswa untuk melakukan sarapan secara rutin karena dapat meningkatkan prestasi belajar. Kata kunci :  Kebiasaan Sarapan Pagi, Status Gizi, Prestasi Belajar
  •       Breakfast and nutritional status have many benefits for school-age children so they can study well, help focus their minds for learning and facilitate the absorption of lessons and nutrients. This study aimed to determine the relationship of breakfast habits and nutritional status on learning achievement in elementary students Kartika VII-1 Denpasar. This research is an analytic study with cross-sectional design. The study was conducted in September to October 2019. Affordable population was a class of students 3,4 and 5 with a sample of 99 students selected based on inclusion and exclusion criteria. Data about breakfast habits was done with interviews and nutritional status was taken by measuring weight and height that were analyzed using the Z-Score and learning achievement data by collecting end-of-semester values. Data were analyzed with chi square test and logistic regression test. The results showed most of students have good breakfast habits as many as 56 people (56.6%). Besides the nutritional status of students is also classified as good, on the measurement of nutritional status based on body mass index 55 people (55.5%) have a normal body mass index. The results of statistical analysis showed a significant relationship between breakfast habits and learning achievement (p=0.001) and there was no relationship between nutritional status and learning achievement (p=>0.05). The relationship between breakfast habits and learning achievement can be indicator for students to breakfast regularly because it can improve learning achievement. Keywords : Breakfast Habits, Nutritional Status, Learning Achivement