PERBEDAAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA DAN KETIGA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA
Main Authors: | Wibawa, Ida Bagus Satriya, Wardani, Ni Putu, Diarthini, Ni Luh Putu Eka, Damayanti, Putu Ayu Asri |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Universitas Udayana
, 2020
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/67784 https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/67784/37569 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSelf Directed Learning (SDL) memiliki kaitan dengan pelaksanaan proses pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di Fakultas Kedokteran Universitas Udayana. Konsep belajar inimerupakan metode pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa itu sendiri atau student centeredlearning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesiapan mahasiswa dalam metodeSDL yang biasa disebut sebagai Self Directed Learning Readiness (SDLR). Penelitian ini bersifatcross-sectional analitic dimana pengambilan sampel dilakukan satu kali dengan menggunakaninstrument kuesioner pada mahasiswa Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter(PSSKPD) mahasiswa tahun pertama pada penelitian ini yaitu angkatan tahun 2018, dan mahasiswatahun ketiga yaitu angkatan 2016. Penghitungan jumlah sampel dilakukan melalui total samplingdan terkumpul sebanyak 425 kuesioner, dimana angkatan 2016 sebanyak 205 responden, angkatan2018 sebanyak 220 responden. Kuesioner yang dipakai memiliki 36 pertanyaan utama dan 3pertanyaan tambahan, kuesioner memiliki nilai 1-5 (Likert Scale) dimana kuesioner telah di validasioleh Zulharman (2008). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan skor yangsignifikan antara masing-masing kelompok angkatan (P > 0.05). Skor SDLR pada angkatan 2016dengan kategori hasil tinggi memiliki jumlah sampel yang lebih banyak dibandingkan denganangkatan 2018. Kedua kelompok angkatan masing-masing memperoleh skor SDLR pada 2 kategoriyaitu kategori tinggi, dan kategori sedang Kata Kunci: Independent learning, Self Directed Learning Readiness (SDLR), PBL, Skor SDLR
- Self Directed Learning (SDL) is related to the implementation of the Problem BasedLearning (PBL) learning process at the Faculty of Medicine, Udayana University. This learningconcept is a learning method that focuses on students themselves or student centered learning. Thisstudy aims to find out how students are prepared in the SDL method commonly referred to as SelfDirected Learning Readiness (SDLR). This study is a cross-sectional analitic where sampling isdone once using a questionnaire instrument for students of the Medical Study Program and theProfessional Doctor (PSSKPD) first year students in this study, are class of 2018, and third yearstudents are class of 2016. The number of samples was done through total sampling and collectedas many as 425 questionnaires, of which 2016 was 205 respondents, 2018 was 220 respondents. The questionnaire used has 36 main questions and 3 additional questions, the questionnaire has avalue of 1-5 (Likert Scale) where the questionnaire has been validated by Zulharman (2008). Theresults showed that there was no significant difference in scores between each class group (P>0.05). SDLR scores in the class of 2016 with a high yield category have a greater number of samplesthan the class of 2018. Both groups each received an SDLR score in 2 categories namely highcategory, and medium category Keywords: Independent learning, Self Directed Learning Readiness (SDLR), PBL, SDLR Score