TINGKAT KESIAPAN PENGGUNAAN E-LEARNING (E-LEARNING READINESS) PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN DAN PROFESI DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS UDAYANA

Main Authors: Wijaya, Lisa Amelia, Wardani, Ni Putu, Laksemi, Dewa Ayu Agus Sri, Diarthini, Ni Luh Putu Eka
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Universitas Udayana , 2021
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/67033
https://ojs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/67033/42490
Daftar Isi:
  •       Fast translate   Icon translate   ABSTRAK E-learning adalah sistem belajar mengajar yang menggunakan media elektronik dan sudah digunakan di beberapa perguruan tinggi di Indonesia, salah satunya Program Studi Sarjana Kedokteran dan Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana (PSSKPD FK Unud). Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan pelaksanaan e-learning di PSSKPD FK Unud. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner berdasarkan model e-learning readiness Aydin dan Tasci yang terdiri atas 37 pertanyaan yang dibagi ke dalam empat faktor, antara lain faktor teknologi, faktor sumber daya manusia, faktor pengembangan diri, dan faktor inovasi. Kuesioner ini ditujukan pada seluruh mahasiswa PSSKPD FK Unud angkatan 2019 dimana penelitian ini dilaksanakan di FK Unud. Berdasarkan hasil penelitian yang melibatkan 242 dari 254 mahasiswa yang terdaftar sebagai mahasiswa PSSKPD angkatan 2019 didapatkan bahwa skor kesiapan e-learning PSSKPD FK Unud sebesar x? = 3,98. Skor kesiapan ini menandakan bahwa PSSKPD FK Unud tergolong ke dalam kategori siap, tetapi membutuhkan beberapa peningkatan (3,4 < x? ? 4,2). Adapun peningkatan yang dibutuhkan, yaitu peningkatan dalam faktor teknologi (x? = 4,17), faktor sumber daya manusia (x? = 4,03), faktor pengembangan diri (x? = 3,90), dan faktor inovasi (x? = 3,81). Penilaian terhadap tingkat kesiapan penyelenggaraan e-learning ini perlu dilakukan secara berkala untuk mengevaluasi serta meningkatkan kualitas dari pelaksanaan e-learning di PSSKPD FK Unud. Kata kunci :  e-learning readiness, Aydin dan Tasci, PSSKPD FK Unud
  •       Fast translate   Icon translate   ABSTRACT E-learning that is known as a study method that utilizes electronic media has begun to be used in several universities in Indonesia, such as PSSKPD FK Unud. This research is aimed to know  the readiness of e-learning in PSSKPD FK Unud and also to know several factors that need to be improved. A descriptive cross-sectional study was conducted using questionnaire. The questionnaire is arranged according to Aydin and Tasci’s e-learning readiness model that have 37 questions. The 37 questions are differentiated by four categories, such as technology factor, human resources factor, self-development factor, and innovation factor. This questionnaire will be answered by PSSKPD FK Unud student in Faculty of Medicine, Udayana University. E-learning readiness score that received by PSSKPD FK Unud after 242 of 254 students have filled out the questionnaire is x? = 3,98. The e-learning readiness score indicates that PSSKPD FK Unud is ready to organize e-learning, but need few improvements (3,4 < x? ? 4,2).  PSSKPD FK Unud needs to improve technology factor (x? = 4,17), human resources factor (x? = 4,03), self-development factor (x? = 3,90), and innovation factor (x? = 3,81). E-learning readiness assessment must be done periodically to evaluate and improve the quality of e-learning implementation in PSSKPD FK Unud. Keywords : e-learning readiness, Aydin dan Tasci, PSSKPD FK Unud