PENULISAN MAKALAH MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA DENGAN METODE MIND MAPPING

Main Author: Armariena, Dian Nuzulia; Universitas PGRI Palembang
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Faculty of teaching training and education , 2020
Subjects:
Online Access: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4147
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4147/3836
Daftar Isi:
  • AbstrakKeterampilan menulis adalah kemampuan berbahasa yang kompleks. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dengan metode mind mapping. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung = 3,27 dimana thitung lebih besar daripada ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis makalah pada MKU Bahasa Indonesia.