PENULISAN MAKALAH MAHASISWA PADA MKU BAHASA INDONESIA DENGAN METODE MIND MAPPING
Main Author: | Armariena, Dian Nuzulia; Universitas PGRI Palembang |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of teaching training and education
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4147 https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/4147/3836 |
Daftar Isi:
- AbstrakKeterampilan menulis adalah kemampuan berbahasa yang kompleks. Kebanyakan orang mengalami kesulitan dalam menguasai keterampilan menulis. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengembangkan kemampuan menulis makalah yang dirancang melalui rencana pembelajaran dengan melibatkan mahasiswa dengan metode mind mapping. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa berdasarkan analisis data untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t diperoleh hasil menunjukkan bahwa thitung = 3,27 dimana thitung lebih besar daripada ttabel = 1,67, maka dapat disimpulkan ada pengaruh model pembelajaran mind mapping terhadap keterampilan menulis makalah pada MKU Bahasa Indonesia.