PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN EKSPOSITORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA LAGU YAMKO RAMBE YAMKO DENGAN MENGGUNAKAN ALAT MUSIK REKORDER SOPRAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 BANYUASIN 1
Main Author: | Heryanto, A; UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG |
---|---|
Other Authors: | Universitas PGRI Palembang |
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Faculty of teaching training and education
, 2019
|
Online Access: |
https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2840 https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/didaktika/article/view/2840/3832 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara signifikan pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar siswa pada lagu yamko rambe yamko dengan menggunakan alat musik rekorder sopran. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan design eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah data tes. Dalam penelitian ini hanya ada satu kelas sampel yang menjadi kelas eksperimen yang dilakukan tanpa ada kelas pembanding yaitu kelas VIII.3 yang berjumlah 36 orang. Tes yang digunakan kepada siswa adalah pretest dan posstest dalam bentuk tes praktik yang dinilai menggunakan lembar penilaian unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pemahaman siswa pada hasil pretest adalah 62 dan nilai rata-rata posttest 84,19 dengan ketuntasan 80 yang diterapkan dari sekolah telah dicapai dengan baik. Hasil uji coba instrument dinyatakan data tersebut valid hal ini dilihat dari hasil pengujian validitas thitung > ttabel (3,20 > 1,66) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga strategi pembelajaran ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada lagu yamko rambe yamko dengan menggunakan alat musik rekorder sopran di kelas VIII SMP Negeri 1 Banyuasin 1.Kata Kunci :Strategi pembelajaran Ekspositori, Alat music Rekorder Sopran.