Integrasi Contextual and Teaching Learning Dengan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Bioteknologi di SMA Negeri 1 Indrapuri

Main Author: Anggelia Hasibuan, Rossy
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Visipena , 2013
Online Access: http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/visipena/article/view/63
http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/visipena/article/view/63/59
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri. Metode yang digunakan adalah ekperimen dengan sampel 58 siswa terdiri dari 28 siswa kelas XII-IPA 1 dan 30 siswa kelas XII-IPA 2. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan N-Gain dan perbedaan peningkatan hasil belajar dengan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis N-Gain diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas dengan kategori tinggi 85,7%, sedang 14,3% di kelas eksperimen dengan integrasi CTL dengan kewirausahaan, sedangkan di kelas kontrol dengan CTL 66,7% tinggi, 20% sedang, dan 13,3% rendah. Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar belajar siswa pada kedua kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah integrasi CTL dengan kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Kewirausahaan, Hasil Belajar, Bioteknologi