Integrasi Contextual and Teaching Learning Dengan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Konsep Bioteknologi di SMA Negeri 1 Indrapuri
Main Author: | Anggelia Hasibuan, Rossy |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Visipena
, 2013
|
Online Access: |
http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/visipena/article/view/63 http://ejournal.stkipgetsempena.ac.id/index.php/visipena/article/view/63/59 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri. Metode yang digunakan adalah ekperimen dengan sampel 58 siswa terdiri dari 28 siswa kelas XII-IPA 1 dan 30 siswa kelas XII-IPA 2. Parameter penelitian ini adalah hasil belajar siswa. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa digunakan N-Gain dan perbedaan peningkatan hasil belajar dengan uji t pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis N-Gain diperoleh terdapat peningkatan hasil belajar siswa pada kedua kelas dengan kategori tinggi 85,7%, sedang 14,3% di kelas eksperimen dengan integrasi CTL dengan kewirausahaan, sedangkan di kelas kontrol dengan CTL 66,7% tinggi, 20% sedang, dan 13,3% rendah. Hasil uji t diperoleh terdapat perbedaan hasil belajar belajar siswa pada kedua kelas. Kesimpulan dari penelitian ini adalah integrasi CTL dengan kewirausahaan dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep bioteknologi di SMA negeri 1 Indrapuri. Kata kunci : Contextual Teaching and Learning (CTL), Kewirausahaan, Hasil Belajar, Bioteknologi