PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN (STUDI PADA KONSUMEN TEH GELAS DI KOTA DENPASAR)

Main Authors: Arya Dwi Putri, Kadek Ayu Anggi, Rastini, Ni Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2022
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/92994
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/92994/46827
Daftar Isi:
  • Persaingan produk minuman Teh dalam kemasan mengalami perkembangan yang pesat karena perubahan gaya hidup masyarakat dalam mengkonsumsi teh. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran kepuasan konsumen dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan. Lokasi penelitian adalah Kota Denpasar dengan jumlah populasi yang tidak terbatas. Sampel ditentukan dengan purposive sampling dan berjumlah 100 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan pendekatan survey dan instrumen penelitian ini adalah kuesioner yang diukur dengan skala Likert. Analisis data dilakukan dengan menggunakan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk dan kepuasan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen. Kepuasan konsumen memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Teh Gelas. Implikasi penelitian ini secara teoretis mendukung temuan hasil penelitian terdahulu dan juga kajian terkait dengan loyalitas pelanggan. Implikasi praktis bagi Orang Tua Grup adalah menjaga kualitas produk untuk dapat menciptakan kepuasan bagi konsumen dan pada akhirnya mengarah kepada rasa loyal konsumen terhadap produknya. Kata kunci: Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Pelanggan
  • The competition for packaged tea drinks has developed rapidly due to changes in people's lifestyles in consuming tea. This study aims to analyze the role of consumer satisfaction in mediating the effect of product quality on customer loyalty. The research location is Denpasar City with an unlimited population. The sample was determined by purposive sampling and 100 people were taken. Data was collected using a survey approach and the instrument of this research was a questionnaire which was measured using a Likert scale. Data analysis was performed using path analysis. The results showed that product quality and customer satisfaction had a positive and significant effect on customer loyalty, product quality had a positive and significant effect on consumer satisfaction. consumer goals mediate the effect of product quality on customer loyalty Teh Gelas. The implications of this research theoretically support the findings of previous studies and studies related to customer loyalty. The practical implication for the Parents Group is to maintain product quality in order to create satisfaction for consumers and ultimately lead to a sense of consumer loyalty to the product. Keywords: Product Quality, Customer, Customer Loyalty