MODEL HUBUNGAN KOMPLEKSITAS PEKERJAAN, BEBAN KERJA, STRES KERJA, DAN KEPUASAN KERJA GURU SMA PADA YAYASAN PENDIDIKAN XYZ DI SURABAYA

Main Authors: Samallo, Marcel, Wulani, Fenika
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2022
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/80124
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/80124/43761
Daftar Isi:
  • Guru merupakan sumber daya penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan kepuasan kerja adalah salah satu sikap kerja yang bisa meningkatkan kinerja mereka. Oleh karenanya, sekolah perlu memahami faktor-faktor yang bisa mempengaruhi kepuasan kerja guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pengaruh kompleksitas pekerjaan dan beban kerja pada stres kerja, pengaruh stres kerja pada kepuasan kerja, dan efek mediasi stres kerja pada hubungan antara kompleksitas pekerjaan dan beban kerja dengan kepuasan kerja guru. Responden studi ini adalah seratus sepuluh guru di tiga SMA di Surabaya yang dikelola oleh yayasan pendidikan XYZ di Surabaya. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan PLS-SEM. Hasil studi ini menunjukkan bahwa kompleksitas pekerjaan dan beban kerja berpengaruh positif terhadap stres kerja, dan stres kerja memediasi hubungan antara kompleksitas pekerjaan dan beban kerja dengan kepuasan kerja. Berbeda dari yang dihipotesiskan, stres kerja berpengaruh positif pada kepuasan kerja. Kata kunci: kompleksitas pekerjaan, beban kerja, stres kerja, kepuasan kerja, guru
  • Teachers are an important resource to improve the quality of education, and job satisfaction is one of the work attitudes that can improve their performance. Therefore, schools need to understand the factors that can affect teacher job satisfaction. The purpose of this study was to identify the effect of work complexity and workload on job stress, the effect of job stress on job satisfaction, and the mediating effect of job stress on the relationship between work complexity and workload and teacher job satisfaction. The respondents of this study were one hundred and ten teachers in three high schools in Surabaya, which the XYZ educational foundation in Surabaya managed. Data were collected by questionnaire and analysed using PLS-SEM. This study indicates that work complexity and workload have a positive effect on job stress, and job stress mediates the relationship between work complexity and workload and job satisfaction. Different from the hypothesis, job stress has a positive effect on job satisfaction. Keywords: work complexity, workload, job stress, job satisfaction, teacher