PERAN INOVASI PRODUK MEMEDIASI ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN

Main Authors: Wiryawan, I Putu Gede Hendra, Seminari, Ni Ketut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2022
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/EJMUNUD.2022.v11.i06.p02
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/EJMUNUD.2022.v11.i06.p02/44864
Daftar Isi:
  • Tujuan penyelidikan ini guna: (1) guna memahami dampak orientasi pasar kepada kinerja pemasaran UMKM (2) guna memahami dampak orientasi pasar kepada inovasi produk UMKM (3) guna memahami dampak inovasi produk kepada kinerja pemasaran UMKM, (4) guna memahamidampak pengaruh inovasi produk memediasi orientasi pasar kepada kinerja pemasaran UMKM. Lokasi penyelidikandilakukan pada Kerajinan patung Desa Batubulan.  Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif asosiatif dengan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Sampel UMKM Kerajinan Patung Batu di Desa Batubulan berjumlah 71 orang dengan teknik probability sampling. Data tentang orientasi pasar, strategi inovasi produk, dan kinerja pemasaran diperoleh melalui kuisioner yang disebarkan pada sampel penelitian. Data dianalisis secara statistik inferensial dengan path analysis. Hasil penelitian menunjukkan beberapa temuan, yaitu: (1) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (sig. 0,000 < 0,05), (2) Orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi produk (sig. 0,005 < 0,05), (3) Inovasi produk berdampak positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran (sig. 0,000 < 0,05), (4) Inovasi produk secara substansialmenengahidampak orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran (zhitung 4,075 < ztabel 1,995). Kata kunci : Inovasi Produk; Orientasi Pasar; Kinerja Pemasaran
  • Purpose of this researchis to determine: (1) understand impact of market orientation on the marketing performance of MSMEs, (2) understand impact of market orientation on product innovation of MSMEs, (3) understand impact of product innovation on product innovation. marketing performance of MSMEs, (4) understand impact of product innovation mediating market orientation on the marketing performance of MSMEs. The location of research is sculpture craft in Batubulan. This research is an associative quantitative research with descriptive statistics and inferential statistics. The sample of MSMEs Sculpture Crafts in Batubulan is 71 people using probability sampling technique. Data of this research were obtained through questionnaires distributed to the research sample. Data were analyzed statistically inferential with path analysis. The results showed several findings, namely: (1) Market orientation had a positive and significant effect on marketing performance (sig. 0.000 < 0.05), (2) Market orientation had a positive and significant effect on product innovation (sig. 0.005 < 0.05). ), (3) Product innovation has a positive and significant effect on marketing performance (sig. 0.000 < 0.05), (4) Product innovation significantly mediates the effect of market orientation on marketing performance (zcount 4.075 < ztable 1.995). Keywords: Product Innovation; Market Orientation; Marketing Performance