PERAN KESADARAN MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS LAYANAN TERHADAP EKUITAS MEREK PADA PELANGGAN JASA KURIR JNE
Main Authors: | Wulandari, Ida Ayu Laksmi, Rastini, Ni Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/74453 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/74453/44523 |
Daftar Isi:
- Ekuitas merek adalah serangkaian aset dan kewajiban merek yang terkait dengan sebuah merek, nama, dan simbolnya, yang menambah atau mengurangi nilai yang diberikan sebuah produk atau jasa kepada perusahaan dan atau pelanggan perusahaan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menjelaskan pengaruh kualitas layanan terhadap ekuitas merek dengan dimediasi variabel kesadaran merek pada pelanggan jasa kurir PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Denpasar. Penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner melalui google form dilakukan pada pelanggan jasa kurir PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Denpasar, dengan sampel penelitian sebanyak 100 orang. Teknis analisis yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kesadaran merek, kemudian kesadaran merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, lalu kualitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap ekuitas merek, dan serta kesadaran merek memediasi pengaruh kualitas layanan terhadap ekuitas merek seacara positif dan signifikan pada jasa kurir PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) di Kota Denpasar. Kata kunci: Ekuitas Merek, Kesadaran Merek, Kualitas Layanan.
- Brand equity is a set of brand assets and liabilities associated with a brand, its name and symbol, which increase or decrease the value provided by a product or service to the company and or the company's customers. This study was conducted with the aim of explaining the effect of service quality on brand equity mediated by brand awareness variables on customers of courier services PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) in Denpasar City. Quantitative research with data collection using questionnaires via google form was carried out on customers of courier services PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) in Denpasar City, with a research sample of 100 people. Technical analysis used is descriptive analysis technique and inferential analysis technique. The results show that service quality has a positive and significant effect on brand awareness, then brand awareness has a positive and significant effect on brand equity, then service quality has a positive and significant effect on brand equity, and brand awareness mediates the effect of service quality on brand equity positively and significantly courier services of PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) in Denpasar City. Keywords: Brand Equity, Brand Awareness, Service Quality.