PERAN INOVASI MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA BISNIS UMKM SONGKET

Main Authors: Antari, Ni Kadek Weni, Widagda K, I Gusti Ngurah Jaya Agung
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2022
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/74395
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/74395/43669
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji hipotesis yang menerangkan hubungan antara variabel kinerja bisnis yang dipengaruhi orientasi pasar dan dimediasi oleh inovasi pada UMKM Songket di Kecamatan Sidemen Karangasem. Jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 64unit UMKM Songket di Kecamatan Sidemen Karangasem. Metode yang digunakan dalam penentuan sampel pada penelitian ini adalah teknik sampling jenuh (sensus). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara dan survei yang dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Penelitian ini menggunakan model persamaan struktural SEM (Structural Equation Model) berbasis PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis dan Inovasi memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja bisnis secara signifikan. Kata kunci: Orientasi pasar, Inovasi, Kinerja Bisnis, UMKM
  • This study aims to test the hypothesis that explains the relationship between business performance variables that are influenced by market orientation and mediated by innovation in Songket SMEs in Sidemen Karangasem. The number of samples in this study amounted to 64 units of MSME Songket. The method used in determining the sample in this study is a saturated sampling technique (census). Data collection methods used in this study were interviews and surveys conducted by distributing questionnaires. This study uses a PLS (Partial Least Square)-based SEM (Structural Equation Model)-based structural equation model. The results show that market orientation has a positive and significant effect on business performance, market orientation has a positive and significant effect on innovation, innovation has a positive and significant effect on business performance and innovation mediates the effect of market orientation on business performance significantly. Keywords: Market Orientation, Innovation, Business Performance, MSME