PENGARUH E-WOM, KEPERCAYAAN, DAN KEPUASAN TERHADAP NIAT BELI KEMBALI: STUDI PADA PELANGGAN SITUS SHOPEE
Main Authors: | Sari, Ni Kadek Aprilia Yurika, Rastini, Ni Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73533 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73533/44186 |
Daftar Isi:
- Niat beli kembali adalah probabilitas subyektif bahwa seseorang akan membeli produk atau layanan secara terus menerus melaui situs online atau toko di masa depan. Agar konsumen memiliki niat beli kembali yang tinggi, pelaku bisnis perlu memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli kembali. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh E-WOM, kepercayaan, dan kepuasan terhadap niat beli kembali. Penelitian ini dilakukan pada masyarakat yang sudah pernah berbelanja pada situs Shopee di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 120 orang responden, dengan metode non-probability sampling khususnya purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online melalui google form. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli kembali. Hal ini menunjukkan semakin positif E-WOM yang diterima oleh konsumen maka akan meningkatkan niat beli kembali. Kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap niat beli kembali pada situs Shopee. Hal ini menunjukkan semakin tinggi tingkat kepuasan, maka niat beli kembali akan semakin tinggi. Kata kunci : E-WOM, Kepercayaan, Kepuasan dan Niat Beli Kembali.
- Repurchase intention is the subjective probability that someone will purchase a product or service continuously through an online site or shop in the future. In order for consumers to have high repurchase intentions, business people need to pay attention to the factors that influence repurchase intentions. The purpose of this study was to determine the effect of E-WOM, trust, and satisfaction on repurchase intention. This research was conducted on people who have already shopped on the Shopee website in Denpasar City. The number of samples taken was 120 respondents, with a non-probability sampling method, especially purposive sampling. Collecting data using a questionnaire that is distributed online via google form. The analysis technique used is multiple linear regression. The results showed that E-WOM has a positive and significant effect on repurchase intention. This shows that the more positive E-WOM that consumers receive, the more it will increase their repurchase intention. Satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention on the Shopee website. This shows that the higher the level of satisfaction, the higher the intention to repurchase. Keywords: E-WOM, Trust, Satisfaction and Buyback Intention.