PERAN BRAND IMAGE DALAM MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP NIAT MENGGUNAKAN GOJEK DI KOTA DENPASAR
Main Authors: | Putra, I Ketut Pande Mahesa, Rastini, Ni Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2022
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73176 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/73176/43670 |
Daftar Isi:
- Perkembangan teknologi internet pada era globalisasi saat ini memiliki dampak besar pada kehidupan sehari hari masyarakat, salah satunya di bidang bisnis atau perdagangan online. Seiring dengan perkembangan teknologi, perusahaan transportasi juga memperoleh dampak positif dalam hal pemasaran dan penjualan jasa yang kini memanfaatkan teknologi internet. Gojek merupakan sebuah perusahaan penyedia layanan transportasi melalui jasa ojek asal Indonesia yang berbasis teknologi. Dalam upaya meningkatkan niat konsumen untuk menggunakan Gojek, perusahaan menciptakan suatu terobosan baru untuk menciptakan E-WOM yang positif sehingga dapat meningkatkan brand image Gojek. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Brand Image dalam memediasi E-WOM terhadap niat mengunakan Gojek. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan Gojek sebagai objek penelitian. Penelitian ini melibatkan 108 responden dengan teknik sampel non probability sampling dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner yang disebarkan melalui google forms. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur, uji asumsi klasik dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Brand Image secara positif dan signifikan memediasi pengaruh E-WOM terhadap niat menggunakan Gojek di Kota Denpasar. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan sebagai pertimbangan gojek dalam meningkatkan inovasi dan kualitas layanan sesuai kebutuhan masyarakat. Kata kunci: Brand Image, E-WOM, Niat Menggunakan
- The development of internet technology in the current era of globalization has a major impact on people's daily lives, one of which is in the field of business or online commerce. Along with technological developments, transportation companies have also had a positive impact in terms of marketing and sales of services that are now utilizing internet technology. Gojek is a technology-based transportation service provider company from Indonesia. In an effort to increase consumer intention to use Gojek, the company creates a new breakthrough to create positive E-WOM so as to increase Gojek's brand image. This study aims to determine the role of Brand Image in mediating E-WOM towards the intention to use Gojek. This research was conducted in Denpasar City by using Gojek as the research object. This study involved 108 respondents with a non-probability sampling technique with a purposive sampling method. Data collection was carried out using a questionnaire distributed via Google Forms. The data analysis techniques used in this study were path analysis, classical assumption test and sobel test. The results of this study indicate that Brand Image positively and significantly mediates the effect of E-WOM on the intention to use Gojek in Denpasar City. This research is expected to be an input as a consideration for Gojek in increasing innovation and service quality according to community needs. Keywords: Brand Image, E-WOM, Purchase Intention