KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PEMASARAN

Main Authors: Palwaguna, I Komang Eddy Jaya, Yasa, Ni Nyoman Kerti
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2021
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/70175
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/70175/42383
Daftar Isi:
  • Kinerja pemasaran merupakan ukuran prestasi yang diperoleh dari aktifitas proses pemasaran secara menyeluruh dari sebuah perusahaan atau organisasi. Tujuan dari penelitian ini menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran, menjelaskan pengaruh orientasi pasar terhadap keunggulan bersaing, menjelaskan pengaruh keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran, menjelaskan peran keunggulan bersaing dalam memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran pada UKM Batu Bata di Desa Tulikup, Kecamatan Gianyar, Kabupaten Gianyar. Jumlah sampel sebanyak 70 dengan metode non probality sampling. Pengumpulan data melalui wawancara dan observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah Path Analisis. Berdasarkan hasil analisis, Orientasi pasar berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UKM Batu Bata di Desa Tulikup Gianyar, keunggulan bersaing berpengaruh positif terhadap kinerja pemasaran UKM Batu Bata di Desa Tulikup Gianyar serta keunggulan bersaing memediasi pengaruh orientasi pasar terhadap kinerja pemasaran UKM Batu Bata di Desa Tulikup Gianyar.   Kata kunci: keunggulan bersaing, kinerja pemasaran, orientasi pasar
  • Marketing performance is a measure of achievement obtained from the overall marketing process activities of a company or organization. The purpose of this study is to explain the effect of market orientation on marketing performance, effect of market orientation on competitive advantage, the effect of competitive advantage on marketing performance, and role of competitive advantage in mediating the effect of market orientation on marketing performance in UKM Batu Bata in Tulikup, Gianyar. The number of samples are 70 with non probality sampling method. Data collection through interviews and observations. The analysis technique used is Path Analysis. Based on the results, market orientation has a positive effect on the marketing performance, competitive advantage has a positive effect on the marketing performance and competitive advantage reduces the influence of market orientation on the marketing performance. Keywords: market orientation, competitive advantage, marketing performance