PERAN KEPUASAN KONSUMEN MEMEDIASI PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP NIAT BELI ULANG DEWATA KAOS DI DENPASAR
Main Authors: | Maharani, Putu Susmithasen Sari Dewi, Jatra, I Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/70153 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/70153/40572 |
Daftar Isi:
- Trend fashion yang terus berkembang silih berganti, membuat perusahaan perlu menerapkan strategi pemasarakn yang optimal. Strategi marketing mix merupakan alat dasar berupa seperangkat variabel terkontrol yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai pasar sasaran. Suatu kepuasan konsumen sangat berpengaruh terhadap penjualan perusahaan. Setiap perusahaan dituntut untuk mengerti dan memahami strategi pemasaran yang tepat agar konsumen merasa puas dan terjadi niat pembelian ulang sehingga dapat meningkatkan penjualan pada perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran kepuasan konsumen dalam memediasi pengaruh marketing mix terhadap niat beli ulang.Penelitian ini menggunakan data primer yang didapat dengan menyebar kuisioner, secara offline (secara langsung) dan online (google form) kepada responden yaitu konsumen dewata kaos yang berdomisili di kota Denpasar dengan sampel sebanyak 110 orang, menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisis yang digunakan adalah Uji Asumsi Klasik, Analisis jalur (Path Analysis) dan Uji Sobel. Hasil penelitian menunjukan kepuasan konsumen mampu memediasi pengaruh marketing mix terhadap niat beli ulang pada produk Dewata Kaos di Denpasar. Kata kunci: Marketing mix, kepuasan konsumen, niat beli ulang
- Trends Fashion that continue to evolve and turn, make companies need to implement an optimal marketing strategy. The marketing mix strategy is a basic tool in the form of a set of controlled variables used by companies to reach target markets. A customer satisfaction is very influential on company sales. Every company is required to understand and understand the right marketing strategy so that consumers feel satisfied and there is a repurchase intention so that it can increase sales to the company. This study aims to explain the role of consumer satisfaction in mediating the effect of the marketing mix on repurchase intention. This study uses primary data obtained by distributing questionnaires, offline (in person) and online (google form) to respondents Dewata Kaos consumers who live in Denpasar city with asample of 110 people, using a purposive sampling method. The analysis technique used is the Classical Assumption Test, Path Analysis and Sobel Test. The results showed that consumer satisfaction was able to mediate the effect of the marketing mix on repurchase intention of Dewata Kaos products in Denpasar. Keywords: Marketing mix, customer satisfaction, repurchase intention