PENGARUH GREEN MARKETING TERHADAP PURCHASE DECISION YANG DIMEDIASI OLEH BRAND IMAGE (Studi pada AMDK Ades di Kota Denpasar)
Main Authors: | Rayon, Yolanda Averina, Widagda, I Gst. Ngurah Jaya Agung |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2021
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/69731 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/69731/39530 |
Daftar Isi:
- Munculnya isu pencemaran lingkungan menuntut masyarakat menjadi semakin pandai menentukan pilihannya dalam mengonsumsi produk-produk yang aman terhadap lingkungan. Persepsi konsumen yang ditimbulkan dari adanya kegiatan green marketing dianggap penting karena dapat meningkatkan citra dari suatu perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh green marketing terhadap purchase decision yang dimediasi oleh brand image. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan produk AMDK Ades sebagai objek penelitian. Penelitian ini melibatkan 117 responden dengan metode purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang disebarkan melalui google forms. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Green marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand image. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase decision. Brand image mampu memediasi pengaruh green marketing terhadap purchase decision pada produk AMDK Ades di Kota Denpasar. Kata kunci : Green Marketing, Brand Image, Purchase Decision
- The emergence of the issue of environmental pollution demands that people become smarter in determining their choices in consuming products that are safe for the environment. Consumer perceptions arising from existence of green marketing activities are considered important because they can improve image of a company. This study aims to determine effect of green marketing on purchase decisions mediated by brand image. Research was conducted in Denpasar using AMDK Ades with117 respondents using purposive sampling method. Data collected through questionnaire via google forms and analyzed using path analysis and single test. The results indicate that green marketing has a positive and significant effect on purchase decisions. Green marketing has a positive and significant effect on brand image. Brand image has a positive and significant effect on purchase decisions. Brand image is able to mediate the effect of green marketing on purchase decisions on AMDK Ades products in Denpasar. Keywords: Green Marketing, Brand Image, Purchase Decision