PENGARUH IKLAN SOSIAL MEDIA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS BALI INTERNASIONAL

Main Authors: Richadinata, Kadek Riyan Putra, Surya Astitiani, Ni Luh Putu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2021
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/68513
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/68513/38610
Daftar Isi:
  • Revolusi 4.0 merupakan tonggak awal dari lahirnya globalisasi di bidang ekonomi dunia. Pergerakan kemajuan bisnis saat ini dibarengi dengan perkembangan di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Media sosial adalah suatu interaksi sosial antara individu dalam berbagi dan bertukar informasi. Media sosial  dapat mencakup berbagai ide, pendapat, gagasan dan konten dalam komunitas virtual serta mampu menghadirkan dan mentranslasikan cara berkomunikasi baru dengan teknologi yang sama sekali berbeda dari media tradisional. Beriklan dengan media sosial bahkan menawarkan nilai jangka panjang. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan sosial media (perhatian, pemahaman, penerimaan, dan penyimpanan) terhadap keputusan pembelian di lingkungan Universitas Bali Internasional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Bali Internasional sebanyak 96 orang dimana hasil pengumpulan data diolah menggunakan teknik analisis Regresi Berganda. Hasil penelitian membuktikan bahwa perhatian, pemahaman, penerimaan, dan penyimpanan iklan sosial media berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen di lingkungan Universitas Bali Internasional. Hal ini menunjukkan keputusan pembelian dapat meningkat tidak hanya dipengaruhi oleh iklan konvensional tetapi ad tetapi adanya iklan sosial media Instagram dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen. Kata Kunci: perhatian, pemahaman, penerimaan, penyimpanan  
  • Revolution 4.0 is the first milestone in the birth of globalization in the world economy. The current movement of business progress is accompanied by developments in the field of information and communication technology. Social media is a social interaction between individuals in sharing and exchanging information. Social media can encompass various ideas, opinions, ideas and content in virtual communities and be able to present and translate new ways of communicating with technology that is completely different from traditional media. Advertising with social media even offers long-term value. This research was conducted to determine the effect of social media advertising (attention, understanding, acceptance, and storage) on purchasing decisions at the University of Bali International. The sample in this study were 96 students at the University of Bali International where the results of data collection were processed using multiple regression analysis techniques. The results of the study prove that attention, understanding, acceptance, and storage of social media advertisements have a positive and significant effect on consumer purchasing decisions at the University of Bali International. This shows that purchasing decisions can increase not only influenced by conventional advertising but the existence of Instagram social media ads can increase consumer purchasing decisions perceptions of students can also improve the quality of higher education itself. Keywords: attention, understanding, acceptance, storage