PERAN KEUNGGULAN BERSAING MEMEDIASI PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN TERHADAP KINERJA BISNIS

Main Authors: Putra, I Made Suhartana, Suparna, Gede
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/58819
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/58819/35802
Daftar Isi:
  • Orientasi kewirausahaan serta keunggulan bersaing yang tinggi dapat memicu kinerja bisnis yang sangat mempengaruhi tercapainya tujuan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran mediasi variabel keunggulan bersaing terhadap variabel orientasi kewirausahaan dan kinerja bisnis industri perak di desa Celuk Sukawati.  Populasi penelitian ini adalah 71 orang, dengan metode sampel jenuh. Metode pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh melalui kuesioner dianalisis dengan SEM - PLS. Hasil pengujian menunjukkan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing dan orientasi kewirausahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bisnis, serta keunggulan bersaing berpengaruh positif dan signifikan dalam memediasi pengaruh orientasi kewirausahaan terhadap kinerja bisnis. Perusahaan diharapkan dapat mengimplementasikan dimensi orientasi kewirausahaan dengan baik, dan meningkatkan keunggulan bersaing perusahaan, dengan begitu perusahaan akan mampu bersaing dan meningkatkan kinerja bisnis perusahaan.  Kata kunci  : orientasi kewirausahaan, keunggulan bersaing, kinerja bisnis
  • Entrepreneurial orientation and high competitive advantage can trigger business performance that greatly affects the achievement of company goals. The purpose of this study was to determine the mediating role of the variable competitive advantage against the entrepreneurial orientation variable and the business performance of the silver industry in Celuk Sukawati. The population of this study are 71 people, with the saturated sample method. Data collectedthrough questionnaires and interviews and are analyzed by SEM - PLS. The test results show that entrepreneurial orientation has positive and significant effect on competitive advantage, competitive advantage and entrepreneurial orientation have  positive and significant effect on business performance, and competitive advantage is mediating variable of entrepreneurial orientation on business performance. Company is expected to be able to implement the dimensions of entrepreneurial orientation well, and increase the company's competitive advantage, so company will be able to compete and improve the company's business performance. Keywords: entrepreneurial orientation, competitive advantage, business performance