PENGARUH NILAI UTILITARIAN DAN PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN TERHADAP KEPUASAN UNTUK MENINGKATKAN NIAT BELI ULANG (Studi pada Pengguna Aplikasi E-Money Merek OVO di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung)

Main Authors: Charisma, Lady, Suprapti, Ni Wayan Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/57744
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/57744/34898
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh nilai utiltarian dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan untuk meningkatkan niat beli ulang. Penelitian dilakukan di Kota Denpasar dan Kabupaten Badung dengan melibatkan 104 responden yang memenuhi kriteria berdasarkan teknik purposive sampling. Kuesioner diuji kepada 30 responden terlebih dahulu untuk mengetahui ketepatan dan konsistensi kuesioner melalui uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, keseluruhan data yang diterima dianalisis menggunakan analisis regresi berganda dan analisis regresi sederhana. Hasil penelitian ditemukan bahwa nilai utilitarian dan persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan, kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang, dan nilai utilitarian merupakan variabel yang paling memengaruhi kepuasan. Kata kunci: nilaiiutilitarian, persepsiikemudahanipenggunaan, kepuasan, niatibeliiulang
  • The purpose of this study is to determine the effect of utilitarian value and perceived ease of use on satisfaction to increase repurchase intentions. The study was conducted in Denpasar City and Badung Regency involving 104 respondents who met the criteria based on purposive sampling technique. The questionnaire was tested on 30 respondents in advance to find out the accuracy and consistensy of the questionnaire through validity and reliability tests. Furthermore, the overall data received was analyzed using multiple regression analysis and simple regression analysis. The results found that utilitarian value and perceived ease of use have a positive and significant effect on satisfaction, satisfaction has a positive and significant effect on repurchase intention, and utilitarian value is the most variabel that affected the satisfaction. Keywords: utilitarianivalue, perceivediease ofiuse, satisfaction, repurchaseiintention