ANALISIS REAKSI PASAR SEBELUM DAN SESUDAH PENGUMUMAN AKUISISI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI)
Main Authors: | Irawan, I Kadek Redy, Candraningrat, Ica Rika |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2020
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54321 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/54321/33536 |
Daftar Isi:
- Akuisisi merupakan sebuah kebijakan atau strategi yang bertujuan untuk melakukan perluasan usaha dengan mengambil alih kepemilikan perusahaan lain. Motif perusahaan dalam melakukan akuisisi akan berdampak pada reaksi pasar yang positif ataupun negatif. Perusahaan yang melakukan akuisisi dengan motif ekonomi akan direaksi positif oleh pasar, sedangkan motif non ekonomi akan direaksi negatif oleh pasar. Menguji perbedaan reaksi pasar sebelum dan sesudah pengumuman akuisisi yang dicerminkan dengan rata-rata abnormal return dalam periode lima hari sebelum dan lima hari sesudah pengumuman akuisisi merupakan tujuan dari penelitian ini. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan 55 sampel perusahaan yag melakukan akuisisi di Bursa Efek Indonesia. Teknik yang digunakan adalah uji wilcoxon signed rank test. Hasil yang ditemukan bahwa tidak terdapat perbedaan reaksi pasar yang signifikan sebelum dan sesudah pengumuman akuisisi. Penyebab utama hal ini bisa terjadi adalah karena ketidaktahuan investor akan motif perusahaan melakukan akuisisi, sehingga investor ragu dalam mengambil keputusan investasi Kata kunci: abnormal return, akuisisi, efisiensi pasar, rata-rata abnormal return.
- Acquisition is a policy or strategy that aims to expand its business by taking over ownership of another company. The motive of the company in making an acquisition would have a positive or negative market reaction. Companies that made acquisitions with economic motives would be reacted positively by the market, while non-economic motives would be negatively reacted by the market. Examined the differences in market reaction before and after the announcement of the acquisition which was reflected by the average abnormal return in the period of before and after five days the announcement of the acquisition is the purpose of this study. The sampling method used a purposive sampling technique and produced 55 samples of companies that made acquisitions on the Indonesia Stock Exchange. The technique used was the Wilcoxon signed rank test. The results found that there were no significant differences in market reaction before and after the acquisition announcement. The main reason this could happen was because of investors' ignorance of the company's motives for acquisitions, therefore investors were hesitant in making investment decision. Keyword:, abnormal return, acquisition, efficiency market, average abnormal return.