PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KEWAJARAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK ONLINESHOP ZALORA DI DENPASAR

Main Authors: Wahyuni, Ni Putu Lely, Rahanatha, Gede Bayu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2020
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/49445
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/49445/33540
Daftar Isi:
  • Berbelanja secara  olinemenjadi salah satu tren yang berkembang saat ini. Perkembangan teknologi mendukung semakin pesatnya perkembangan online shop dan mempermudah konsumen dalam berbelanja.Konsumen saat ini lebih selektif dalam melakukan keputusan pembelian, konsumen cenderung memilih produk dengan citra merekyang baik dan harga yang sesuai.Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui bagaimana pengaruh kewajaran hargapada keputusan pembelian dengan citra mereksebagai variabel pemediasi. Melihat potensi pasar online saat ini khususnya dalam hal fashion, maka penelitian ini mengangkat objek keputusan pembelian produk fashion online shop Zalora dengan responden konsumen yang pernah berbelanja secara online di Kota Denpasar. Metode survey yang dilakukan menggunakan teknik wawancara dengan kuisioner dan diukur dengan skala likert. Data hasil jawaban oleh responden kemudian dianalisis dengan denganPath Analysis  danUji Sobel untuk menguji hipotesis yang telah dirumuskan. Hasil penelitian ini menunjukan variabel citra merekmampu memediasi pengaruh kewajaran hargaterhadap keputusan pembelian konsumen. Kata kunci: kewajaran harga, citra merek, keputusan pembelian
  • Online shopping is one of trend that is growing rapidly nowadays. Now the technological advancement supported rapid growth of the online shopping and make it easier for consumer to shopping. Consumer is more selective to make purchase decision, consumer tend to chose product that have good brand image and compatible price. This research aims to find out the influence between price and purchase decision with brand image as a mediation variable. Realizing the potential of market online especially the fashion product, then this research raising the topic with price fairness, brand image and purchase decision as the objects. Respondents are them who have been online purchasing. The survey conducted by spreading questionnaire than measured by likert’s scale. Data analyzed by path analysis and sobel test. The result of this research showed than variable brand image capable of being mediated the influence between price fairness and consumer purchase decision. Keywords :price fairness, brand image, purchase decision