PENGARUH ORIENTASI TEKNOLOGI DAN ORIENTASI PASAR TERHADAP KINERJA PERUSAHAAN
Main Authors: | Lestari, Ni Wayan Novita Diah, Warmika, I Gde Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48303 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48303/32182 |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Ubud pada bulan Desember 2018 hingga Januari 2019 dengan menggunakan responden pengelola hotel melati. Jumlah sampel yang diambil adalah sebanyak 90 responden dengan metode non probability sampling, yaitu purposive sampling. Penerapan orientasi teknologi dan orientasi pasar diukur menggunakan kuesioner. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji statistik deskriptif dan uji statististik regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa orientasi teknologi dan orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan. Motivasi pengelola hotel melati di Kecamatan Ubud terhadap pemanfaatan teknologi sangat tinggi. Faktor pendorong motivasi pemanfaatan teknologi dengan skor rata-rata tertinggi adalah kemudahan dalam mengoperasionalkan. Orientasi pelanggan merupakan salah satu indikator dalam variabel orientasi pasar yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan, sehinggaa dapat disimpulkan bahwa meningkatkan kinerja perusahaan dapat dilakukan dengan memuaskan kebutuhan pelanggan dan selalu memperhatikan selera pelanggan. Kata kunci: orientasi teknologi, orientasi pasar, kinerja perusahaan
- This research was conducted in Ubud Subdistrict in December 2018 to January 2019 using respondents to the management of the budget hotel. The number of samples taken is as many as 90 respondents with non probability sampling method, namely purposive sampling. The application of technology orientation and market orientation was measured using a questionnaire. The analytical tool used in this study is descriptive statistical test and statistical multiple linear regression test. The results of the study show that technology orientation and market orientation have a positive and significant effect on company performance. The motivation of managers of budget hotels in Ubud District towards the use of technology is very high. The motivating factor for using technology with the highest average score is ease in operationalizing. Customer orientation is one indicator in market orientation variables that has a positive and significant influence on company performance, so it can be concluded that improving company performance can be done by satisfying customer needs and always paying attention to customer tastes. Keywords: technology orientation, market orientation, company performance