PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY

Main Authors: Dewi, Putu Ayu Cahya, Sedana, Ida Bagus Panji
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48211
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/48211/32178
Daftar Isi:
  • Corporate Social Responsibility (CSR) atau tanggung jawab sosial perusahaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan perusahaan untuk menjaga hubungan baik dengan masyarakat atau publik. Perusahaan diharuskan untuk menyampaikan informasi mengenai kegiatan CSR yang dilakukan, biasanya kegiatan tersebut dipublikasikan oleh perusahaan pada laporan tahunan (annual report) dan juga sustainability report. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, ukuran perusahaan, dan leverage terhadap pengungkapan CSR. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan sektor industri dasar dan kimia yang terdaftar di BEI pada tahun 2014-2017. Sample penelitian ini yaitu 38 perusahaan dengan metode nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan mengamati laporan keuangan dan laporan tahunan yang dipublikasikan oleh perusahaan. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa profitabilitas perpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap pengungkapan CSR, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap pengungkapan CSR. Kata kunci: profitabilitas, ukuran perusahaan, leverage, corporate social responsibility
  • Corporate Social Responsibility (CSR) or corporate social responsibility is one of the activities carried out by the company to maintain good relations with the public or the public. Companies are required to submit information about CSR activities carried out, usually these activities are published by the company in annual reports and also sustainability reports. The purpose of this study was to determine the effect of profitability, company size, and leverage on CSR disclosure. This research was conducted on basic industrial and chemical sector companies listed on the Stock Exchange in 2014-2017. The sample of this study was 38 companies using the nonprobability sampling method. Data collection is done by observing financial reports and annual reports published by the company. The analysis technique used is multiple linear regression. Based on the results of the analysis found that the positive and not significant profitability of the effect on CSR disclosure, company size has a positive and significant effect on CSR disclosure, leverage has a negative and significant effect on CSR disclosure. Keywords: profitability, company size, leverage, corporate social responsibility