ANALISIS MODEL HUBUNGAN SIKAP DAN NORMA SUBJEKTIF DENGAN NIAT BERWIRAUSAHA PADA MAHASISWA UNIVERSITAS UDAYANA

Main Authors: Wipraja, Pande Made Agus Surya, Piartini, Putu Saroyeni
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/47550
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/47550/32169
Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui niat berwirausaha Mahasiswa-mahasiswi Universitas Udayana. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 450 mahasiswa-mahasiswi Universitas Udayana yang terdiri dari 6 fakultas yang mewakili bidang ekstanta dan sosial yaitu Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Sastra, Fakultas Hukum, Ilmu Pariwisata, Fakultas Pertanian serta Fakultas Kelautan dan Perikanan. Hasil analisis menemukan bahwa sikap berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha dan norma subjektif berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat berwirausaha. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa norma subjektif dan sikap berpengaruh terhadap niat berwirausaha, semakin meningkat niat berwirausaha maka norma subjektif dan sikap turut meningkat. Peneliti selanjutnya dapat menambahkan variabel-variabel lain seperti jenis kelamin dan lingkungan. Hal ini dimaksudkan untuk memperoleh kekuatan hubungan yang lebih jelas mengenai variabel-variabel yang benar mampu menjelaskan suatu niat berwirausaha dalam lingkungan institusi. Kata kunci: Sikap, Norma Subjektif, Niat Berwirausaha
  • The purpose of this study was to determine the intention of entrepreneurship students of Udayana University. The population and sample of this study were 450 students of Udayana University which consisted of 6 faculties representing the external and social fields namely the Faculty of Economics and Business, Faculty of Literature, Faculty of Law, Tourism, Faculty of Agriculture and the Faculty of Marine and Fisheries. The results of the analysis found that attitudes have a positive and significant effect on entrepreneurial intentions and subjective norms have a positive and significant effect on entrepreneurial intentions. From this study it can be concluded that subjective norms and attitudes influence the intention of entrepreneurship, the more the intention of entrepreneurship increases, the subjective norms and attitudes also increase. The next researcher can add other variables such as gender and environment. This is intended to obtain the strength of a clearer relationship regarding the correct variables capable of explaining an entrepreneurial intention in an institutional environment. Keywords: Attitudes, subjective norms, intention of entrepreneurship