PERAN KEPERCAYAAN MEREK MEMEDIASI ELECTRONIC WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Main Authors: | Dewi, Nency Silviana, Sudiksa, Ida Bagus |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46229 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/46229/29615 |
Daftar Isi:
- Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh eWOM terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan merek pada konsumen produk Maybelline di Kota Denpasar. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah variabel eWOM, kepercayaan merek, dan keputusan pembelian. Ukuran sampel yang diambil penyebaran sebanyak 100 responden. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur dengan uji asumsi klasik dan uji sobel. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan bahwa eWOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan merek, eWOM berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan merek berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, serta kepercayaan merek bereperan signifikan memediasi eWOM terhadap keputusan pembelian produk Maybelline di Kota Denpasar. eWOM yang positif merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan kepercayaan merek. Mempertahankan kepercayaan merek memegang peranan yang penting dalam terciptanya keputusan pembelian produk. Melalui eWOM yang positif, konsumen terdorong untuk segera melakukan keputusan pembelian. Kata Kunci: electronic word of mouth (eWOM), kepercayaan merek, keputusan
- The purpose of this study was to examine the effect of eWOM on purchasing decisions through brand trust in Maybelline product consumers in Denpasar City. The variables examined in this study were eWOM variables, brand trust, and purchasing decisions. The sample size taken is 100 respondents. The method of collecting data in this study through a questionnaire. The analysis technique used is path analysis with classic assumption test and sobel test. Based on the results of the analysis, it was found that eWOM had a positive and significant effect on brand trust, eWOM had a positive and significant effect on purchasing decisions, brand trust positively and significantly influenced purchasing decisions, and brand trust significantly mediated eWOM on Maybelline product purchasing decisions in Denpasar City. Positive eWOM is an effort to increase brand trust. Maintaining brand trust plays an important role in creating product purchasing decisions. Through positive eWOM, consumers are encouraged to immediately make purchasing decisions. Keywords: electronic word of mouth (eWOM), brand trust, decision