PERAN PREFERENSI MEREK DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA EKUITAS MEREK DENGAN NIAT BELI

Main Authors: Adnyana, Made, Respati, Ni Nyoman Rsi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/45136
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/45136/27424
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh ekuitas merek terhadap  preferensi merek, pengaruh ekuitas merek terhadap niat beli, pengaruh preferensi merek terhadap niat beli, dan peran preferensi merek dalam memediasi hubungan antara ekuitas merek dengan niat beli. Penelitian ini dilakukan di wilayah kota denpasar dengan menggunakan 110 responden. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode simple random sampling dengan teknik analisis SEM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekuitas merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap preferensi merek. Ekuitas merek  berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Preferensi merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli. Preferensi merek sebagai variabel mediasi berpengaruh signifikan secara tidak langsung terhadap niat beli melalui variabel ekuitas merek. Garuda Indonesia perlu memperhatikan loyalitas merek dikarenakan loyalitas merek merupakan satu-satunya unsur equitas merek yang terkait dengan perolehan laba di masa depan. Garuda Indonesia harus lebih meningkatkan preferensi merek perusahaan di benak calon konsumen guna terciptanya niat beli.   Kata kunci: ekuitas merek, preferensi merek, niat beli  
  • This study aims to explain the effect of brand equity on brand preference, the influence of brand equity on buying intentions, the influence of brand preferences on buying intentions, and the role of brand preferences in mediating the relationship between brand equity and purchase intentions. This study was conducted in the city of Denpasar with 110 respondents.Data collection method used is simple random sampling method with SEM analysis technique. The results showed that brand equity has a positive and significant effect on brand preference. Brand equity has a positive and significant impact on purchasing intentions. Brand preference has a positive and significant impact on purchasing intentions. Brand preference as a mediating variable significantly indirectly influences purchase intentions through brand equity variables.Garuda Indonesia needs to pay attention to brand loyalty because brand loyalty is the only element of brand equity associated with future earnings gain. Garuda Indonesia should further enhance the company's brand preference in the minds of potential customers for the creation of purchase intentions.   Keywords:brand equity, brand preference, purchase intention