PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP NIAT BELI
Main Authors: | Suandayana, Ida Bagus Putu, Setiawan, Putu Yudi |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2019
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/41786 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/41786/27419 |
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap citra merek pada latop Apple macbook, untuk mengetahui pengaruh kualitas produk dan citra merek terhadap niat beli pada produk laptop Apple macbook, dan untuk mengetahui peran citra merek dalam memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli. Populasi penelitian ini adalah seluruh responden yang berdomisili di Kota Denpasar yang mempunyai niat untuk membeli laptop Apple macbook. Sampel sebanyak 112 orang responden dari seluruh wilayah Kota Denpasar. Data di analisis menggunakan Metode PLS (Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh kualitas produk dan citra merek secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli pada laptop Apple macbook, dan kualitas produk secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek pada laptop Apple macbook. Hasil juga menunjukkan bahwa citra merek mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap niat beli. Kata Kunci: kualitas produk, citra merek , niat beli
- The purpose of this study is to determine the effect of product quality on brand image on Apple macbook latop, to know the effect of product quality and brand image on purchase intention on Apple Macbook laptop product, and to know the role of brand image in mediating the effect of product quality on buying intention. The population of this study is all respondents who are domiciled in Denpasar City who have the intention to buy Apple Macbook laptops. A sample of 112 respondents from all parts of Denpasar City. The data was analyzed using the PLS Method (Partial Least Square). The results show that the effect of product quality and brand image partially have a positive and significant effect on purchase intention on Apple Macbook laptops, and product quality partially positively and significantly influence to the brand image on Apple Macbook laptops. The results also show that brand image is able to mediate the influence of product quality on purchase intention. Keywords: product quality, brand image, purchase intention