PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE NOKIA DENGAN CITRA MEREK SEBAGAI PEMEDIASI

Main Authors: Oktavenia, Kadek Ayuk Riska, Ardani, I Gusti Agung Ketut Sri
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2019
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/41574
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/41574/28370
Daftar Isi:
  • Studi ini bertujuan untuk  untuk mengetahui pengaruh kualitas produk terhadap  keputusan pembelian handphone Nokia dengan citra merek sebagai pemediasi. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 99 sampel dengan metode nonprobability sampling, khususnya Accidental sampling  atau convenience sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert 1-5. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis Partial LeastaSquare (PLS). Hasil studi menemukan bahwa bahwa kualitas produk berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek berpengaruh  positif signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh  positif signifikan terhadap citra mereka dan citra merek memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Perusahaan harus melakukan market research agar mendapatkan ide atau pertimbangan dalam penambahan spesifikasi yang cocok dan pantas disatukan pada produk handphone Nokia. Dalam pelayanannya, perusahaan perlu bekerja sama dengan berbagai vendor handphone Nokia baik penjualan maupun jasa sparepart, service, dan jaminan asuransi dengan cara memperbanyak kerjasama dengan mereka, dengan ini konsumen akan mudah memperoleh pelayanan yang dibutuhkan.
  • This study aims to determine the effect of product quality on Nokia mobile phone purchase decision  with brand image as mediator. This  research was conducted in Denpasar  City. The  number of samples taken is 99 samples with  nonprobability sampling method, especially Accidental sampling or convenience sampling. The data were collected through questionnaires with Likert scale 1-5. The analysis technique used is Partial Least Square (PLS) analysis. The results of the study found that product quality has a significant positive effect on purchasing decision, brand  image hasa significant positive effect on purchasing  decision, product quality has a significant positive effect on brand image and brand image mediating the effect of product quality on purchasing decision. Companies should conduct market research to make the product or product specifications suitable and suitable to be incorporated in Nokia mobile phone products. In the service, the company must work together with various vendors of Nokia mobile phones both sales and service spare parts, service, and guarantees by multiplying the cooperation with them, with these consumers will easily obtain the services needed.