PENGARUH CITRA MEREK, KUALITAS PRODUK DAN PERSEPSI HARGA TERHADAP KEPUASAN DAN NIAT BELI ULANG

Main Authors: Savitri, Ida Ayu Putu Dian, Wardana, I Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/40281
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/40281/25913
Daftar Isi:
  • Niat beli ulang merupakan salah satu faktor penting bagi perusahaan. Niat beli ulang terhadap suatu produk tersebut timbul karena konsumen merasa puas akan produk yang dibeli sebelumnya. Salah satu kunci dalam menciptakan niat beli ulang adalah dengan meningkatkan kepuasan pelanggan. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar yang melibatkan 120 responden. Metode purposive sampling dipilih sebagai metode dalam pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang berisikan pernyataan berkaitan dengan variabel citra merek, kualitas produk, persepsi harga, kepuasan pelanggan dan niat beli ulang. Selanjutnya, data dari hasil pengumpulan kuesioner tersebut diolah dengan menggunakan uji validitas, dan uji reliabilitas untuk mengetahui kelayakan dan konsistensi indikator dalam kuesioner. Selain uji validitas dan uji reliabilitas, dilakukan uji lain yaitu analisis jalur. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa, citra merek, kualitas produk dan persepsi harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Citra merek merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan juga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat beli ulang. Sehingga dapat disimpulkan bahwa menciptakan niat beli ulang pada konsumen dapat dilakukan dengan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Repeat intention is one of the important factors for the company. The re-purchase intention of a product arises because the consumer is satisfied with the product purchased previously. One of the keys in creating a buy-back intention is to increase customer satisfaction. This research was conducted in Denpasar City involving 120 respondents. The purposive sampling method is chosen as the method of data collection. Data collection was done by distributing questionnaires containing statements relating to brand image variables, product quality, price perceptions, customer satisfaction and re-purchase intentions. Furthermore, data from the results of collecting the questionnaire is processed by using the validity test, and reliability test to determine the feasibility and consistency of indicators in the questionnaire. In addition to the validity test and reliability test, another test is performed path analysis. The results of this study found that, brand image, product quality and price perception have a positive and significant impact on customer satisfaction. Brand image is the most dominant variable affecting customer satisfaction. Customer satisfaction also has a positive and significant impact on repurchase intentions. So it can be concluded that creating the intention to buy back on consumers can be done by increasing customer satisfaction.