PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH E-WOM TERHADAP MINAT BELI SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA DENPASAR

Main Authors: Ardana, Yande Agus, Rastini, Ni Made
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/40201
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/40201/26554
Daftar Isi:
  • Minat beli terhadap suatu produk muncul karena adanya dasar kepercayaan terhadap suatu produk yang diiringi dengan kemampuan untuk membeli produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran citra merek memediasi pengaruh e-WOM terhadap minat beli. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan objek penelitian adalah konsumen smartphone Samsung dengan menggunakan 110 responden. Metode pengumpulan sampel yang digunakan adalah non propability sampling dengan teknik analisis data menggunakan analisis jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, e-WOM berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serta citra merek dapat memediasi pengaruh e-WOM terhadap minat beli. Pihak manajemen Samsung perlu memperhatikan komunikasi e-WOM yang terjadi lebih bersifat komunikasi yang positif seperti komunikasi tentang keunggulan smartphone samsung dan harus berusaha membangun opini yang baik kepada masyarakat mengenai smartphone Samsung agar lebih mudah untuk memunculkan minat beli dari konsumen. Kata Kunci: citra merek, e-wom, minat beli, smartphone