Peran Citra Merek Memediasi Pengaruh Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Es Krim Wall's Magnum
Main Authors: | Putri, Ni Putu Jessica Maharani, Kusumadewi, Ni Made Wulandari |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2018
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38844 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38844/24898 |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Perkembangan dunia periklanan saat ini terus meningkat, sehingga membuat perusahaan harus selektif dalam membuat iklan yang kreatif dan menarik untuk memberikan citra merek yang dapat menarik konsumen dalam keputusan pembelian. Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui peran citra merek memediasi pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian es krim Wall’s Magnum. Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kuta. Jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 sampel dengan metode nonprobability sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala likert 1-5. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur (Path analysis). Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa iklan berpengaruh positif terhadap citra merek, citra merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian, iklan berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dan citra merek memediasi pengaruh iklan terhadap keputusan pembelian. Saran bagi perusahaan, jika ingin meningkatkan keputusan pembelian harus memperhatikan iklan dan citra merek. Saran bagi peneliti selanjutnya adalah agar meneliti menggunakan variabel selain pengaruh iklan, citra merek untuk meneliti keputusan pembelian. Kata kunci: Citra Merek, Iklan, Keputusan Pembelian
- ABSTRACT The current development of the advertising world continues to increase, making the company selectiv in creating creative and engaging advertisements to provide a brand image that can attract consumers in purchasing decisions. The purpose of this study was to determine the role of brand image mediating the influence of advertising on purchasing decisions of Wall's Magnum ice cream. This research was conducted in Kecamatan Kuta. The number of samples taken as many as 100 samples with nonprobability sampling method. The data was collected through questionnaires with likert scale 1-5. The analysis technique used is path analysis (Path analysis). Based on the results of the analysis found that ads have a positive effect on brand image, brand image positively affects purchasing decisions, advertising positively affects purchasing decisions and brand image mediates the effect of advertising on purchasing decisions. Advice for companies, if you want to improve purchasing decisions should pay attention to advertising and brand image. Suggestions for future researchers are to research using variables other than the influence of advertising, brand image to examine purchasing decisions. Keywords: Brand Image, Advertisement, Purchase Decision