PERAN CITRA MEREK DALAM MEMEDIASI PENGARUH DAYA TARIK IKLAN TERHADAP NIAT BELI HONDA PCX 150
Main Authors: | Fransiska, Putu Anita, Seminari, Ni Ketut |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2018
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38613 https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38613/24535 |
Daftar Isi:
- Banyak faktor dapat mempengaruhi niat beli terhadap suatu produk tertentu. Tujuan penelitian adalah menguji peran citra merek dalam memediasi pengaruh daya tarik iklan terhadap niat beli sepeda motor Honda PCX di Kota Denpasar. Jenis penelitian digolongkan ke dalam penelitian asosiatif. Objek didalam penelitian adalah peran citra merek (M) memediasi pengaruh daya tarik iklan (X) terhadap niat beli (Y) sepeda motor Honda PCX 150 di wilayah Denpasar dengan menggunakan sebanyak 105 responden yang ditentukan dengan metode purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis path dan dilanjutkan dengan uji sobel untuk mengetahui pengaruh mediasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa daya tarik iklan berpengaruh signifikan terhadap citra merek. Citra merek berpengaruh positif terhadap niat beli sepeda motor Honda PCX 150. Daya tarik iklan berpengaruh positif terhadap niat beli untuk sepeda motor Honda PCX 150. Citra merek secara siginfikan memediasi hubungan antara daya tarik iklan dengan niat beli konsumen untuk sepeda motor Honda PCX 150.
- Many factors can affect the buying intentions of a particular product. The objective of the research is to test the role of brand image in mediating the influence of ad attraction on PCX motorcycle purchase intention in Denpasar City. This type of research is classified into associative research. The object of the research is the role of brand image (M) mediating the influence of ad attraction (X) on the purchase intention (Y) of Honda PCX 150 motorcycle in Denpasar area using 105 respondents determined by purposive sampling method. Hypothesis testing is done by path analysis and continued with the test of sobel to know the influence of mediation. The results of the analysis indicate that the attractiveness of the advertisement has a significant effect on the brand image. Brand image positively affects the intention to buy Honda PCX 150 motorcycles. Ad appeal positively affects purchasing intentions for Honda PCX 150 motorcycles. Brand image significantly mediates the relationship between ad appeal and consumer purchase intentions for Honda PCX 150 motorcycles.