PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI KREDIBILITAS CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI SMARTPHONE OPPO

Main Authors: Utami, Nyoman Tri Putri, Seminari, Ni Ketut
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38014
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/38014/24294
Daftar Isi:
  • Seiring dengan perkembangan teknologi smartphone di Indonesia menyebabkan semakin tingginya persaingan antar perusahaan. Smartphone Oppo saat ini telah menduduki pangsa pasar di Indonesia dan sedang gencar-gencar melakukan promosi menggunakan celebrity endorser. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui niat beli menggunakan smartphone Oppo dengan menggunakan variabel kredibilitas celebrity endorser dan varibel mediasi yakni citra merek. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan menggunakan ukuran sampel sebesar 115 orang dengan metode purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu path analysis serta uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek dan kredibilitas celebrity endorser secara signifikan berpengaruh positif terhadap niat beli untuk menggunakan smartphone Oppo. Citra merek secara signifikansi mampu memediasi hubungan antara kredibilitas celebrity endorser terhadap niat beli smartphone Oppo. Saran yang dapat dijadikan acuan bagi perusahaan dan pemasar  ialah diharapkan untuk memperhatikan kualitas dari kredibilitas celebrity endorser dengan pemilihan celebrity yang baik akan membuat citra produk yang semakin dikenal.
  • Along with the development of smartphone technology in Indonesia the higher competition among companies. Oppo smartphones are now on the market in Indonesia and are being intensively promoted using celebrity endorser. This study aims to determine the intention to buy using Oppo smartphones by using the credibility variable of endorser celebrities and variables of mediation. This research was conducted in Denpasar City by using sample size of 115 people with purposive sampling method. Data analysis technique used in this research is path analysis and test of sobel. The results showed. Significantly significant positive recruits to purchase intentions to use Oppo smartphones. The brand image is significantly capable of mediating the relationship between the celebrity endorser's credibility with the intention of buying an Oppo smartphone. Suggestions that can be used as a reference for companies and marketers who are expected to pay attention to the quality of well-prepared celebrities.