PERAN BRAND TRUST MEMEDIASI HUBUNGAN BRAND IMAGE DENGAN BRAND LOYALTY (Studi Pada Konsumen Iphone di Kota Denpasar)

Main Authors: Rodiques, Yolanda, Rahanatha, Gede Bayu
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35936
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35936/23065
Daftar Isi:
  • This study aims to explain the role of brand trust in mediating the relationship of brand image with brand loyalty. The study was made in Denpasar city with the number of samples of 100 respondens iPhone smartphone users who have repurchases (at least 2 times of purchases) of the product. The sample is determined using non-probability sampling model, with purposive sampling technique. Data analysis technique used is path analysis and sobel test. The results showed that all hypotheses were accepted. Brand image has a positive and significant influence to brand trust, brand image has a positive and significant effect to brand loyalty, brand trust has a positive and significant influence to brand loyalty, brand trust has a positive and significant effect on mediating the relationship of brand image with brand loyalty. In the future, the company is expected to launch a maximum and innovative marketing campaign (advertisement) to raise the social class image of the iPhone users in the society and increase the level of consumer confidence in regard to the security aspect of the iPhone products.
  • Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan peran brand trust dalam memediasi hubungan brand image dengan brand loyalty. Penelitian dilakukan di kota Denpasar dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden pengguna smartphone iPhone yang telah melakukan pembelian berulang (minimal 2 kali) terhadap produk tersebut. Sampel ditentukan menggunakan model non-probability sampling, dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur dan uji sobel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa seluruh hipotesis diterima. Brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand trust, brand image berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap brand loyalty, brand trust berpengaruh positif dan signifikan memediasi hubungan brand image dengan brand loyalty. Perusahaan diharapkan kedepannya harus melalukan pemasaran campaign (iklan) yang maksimal dan inovatif untuk menunjang image kelas sosial di mata masyarakat, menumbuhkan tingkat kepercayaan konnsumen terhadap keamanan produknya yang digali dari pandangan, persepsi, pengalaman positif terhadap keamanan produk, kualitas produk & jasa dan dapat mempertahankan konsumen loyalnya.