PENGARUH KECANDUAN INTERNET DAN MATERIALISME TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN KOMPULSIF ONLINE

Main Author: Wulandari, Kurnianingtias
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35445
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35445/22455
Daftar Isi:
  • ABSTRACT This study was conducted to determine the effect of internet addiction and materialism on online compulsive buying behavior.  This study is done by targeting Indonesian internet users. The number of samples are 80  respondent by using purposive sampling method. The data was collected by distributing online questionnaires using Likert scales 5 points to measure 16 indicators. The result of this study indicate that internet addiction and materialism have a positive and significant impact on online compulsive buying behavior. Based on research results as much as someone spends their time on the internet as well as as having a materialist mindset tend to have online compulsive buying behavior. This phenomenon is an opportunity that can be utilized by marketers to design a strategy that is able to encourage potential customers to be interested and buy the offered products.
  • ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh kecanduan internet dan materialisme terhadap perilaku belanja kompulsif online. Penelitian dilakukan dengan menyasar masyarakat Indonesia pengguna media internet. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 80 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner secara online yang menggunakan skala Likert 5 poin untuk mengukur 16 indikator. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kecanduan internet dan materialisme berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pembelian kompulsif online. Berdasarkan hasil penelitian semakin sering seseorang menghabiskan waktunya bermain internet serta memiliki pola pikir materialis cenderung memiliki perilaku belanja kompulsif online. Fenomena tersebut merupakan peluang yang dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha untuk merancang strategi yang mampu mendorong calon konsumen agar tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.