PERAN UKURAN PERUSAHAAN DAN PERTUMBUHAN PENJUALAN DALAM MEMODERASI PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP PROFITABILITAS

Main Authors: Oktapiani, Ni Luh Made Wiwiek, Wiksuana, I Gusti Bagus
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2018
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35318
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/35318/23061
Daftar Isi:
  • This study aims to determine the effect of capital structure on profitability and to know the ability of firm size and sales growth in moderating the influence of capital structure on profitability. This study uses quantitative approach is associative. This research is located at mining company in Indonesia Stock Exchange period 2012 - 2016 with population of 42 companies and samples used amounted to 25 companies. The analysis technique in this research is moderate regression analysis (MRA). Based on the classical assumption test shows the result that the regression model used is correct. Result of research by using regression analysis of moderation indicate that there is positive influence between capital structure to profitability. Firm size is able to moderate the effect of capital structure on profitability but sales growth is not able to moderate the effect of capital structure on profitability. Keywords: capital structure, profitability, firm size, sales growth.
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas serta mengetahui kemampuan ukuran perusahaan dan pertumbuhan penjualan dalam memoderasi pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat asosiatif. Penelitian ini berlokasi pada perusahaan sektor pertambangan di Bursa Efek Indonesia periode 2012 - 2016 dengan jumlah populasi 42 perusahaan dan sampel yang digunakan berjumlah 25 perusahaan. Teknik analisis pada penelitian ini adalah moderate regression analysis (MRA). Berdasarkan pengujian asumsi klasik menunjukkan hasil bahwa model regresi yang digunakan sudah tepat. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi moderasi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif antara struktur modal terhadap profitabilitas. Ukuran perusahaan mampu memoderasi pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas tetapi pertumbuhan penjualan tidak mampu memoderasi pengaruh struktur modal terhadap profitabilitas. Kata kunci: struktur modal, profitabilitas, ukuran perusahaan, pertumbuhan penjualan.