PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN IKLAN MELALUI MEDIA TELEVISI TERHADAP MINAT BELI PADA TOKOPEDIA DI DENPASAR

Main Author: Savitri, Nyoman Wisniari
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: ind
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2017
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/31098
https://ojs.unud.ac.id/index.php/Manajemen/article/view/31098/19600
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh celebrity endorser dan iklan melalui media televisi terhadap minat beli pada Tokopedia di Denpasar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Responden dalam penelitian ini adalah masyarakat Kota Denpasar yang sudah pernah melihat iklan Tokopedia di televisi. Jumlah responden sebanyak 90 orang. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Berdasarkan hasil analisis, penelitian ini menunjukan celebrity endorser berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Tokopedia. Iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli pada Tokopedia. Tokopedia dalam memasarkan produk telah mempertimbangkan dari kriteria celebrity endorser yang mewakili dari produk yang akan diiklankan dan disesuaikan dengan sasaran pasarnya, sehingga dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli produk Tokopedia
  • This study aims to examine the effect of celebrity endorsers and advertisements through television media on buying interest product of Tokopedia in Denpasar. The sampling technique used  purposive sampling. Respondents in this study were the people of Denpasar City who have seen Tokopedia ads on television. The number of respondents are  90 people. Data collection was done by distributing questionnaires. The analysis technique used in this research is multiple linear regression. Based on the results of the analysis, this study shows the celebrity endorser have a positive and significant impact on buying interest in Tokopedia. Ads have a positive and significant impact on buying interest in Tokopedia. In marketing Tokopedia products has been consider the criteria of celebrity endorser that represents the product to be advertised and tailored to the target market, so that to attract consumers to buy Tokopedia products