PERAN CITRA MEREK MEMEDIASI PENGARUH KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DENPASARN PEMBELIAN KOPI JANJI JIWA DENPASAR
Main Authors: | Nugraheni, Luh Komang Anggi Putri, Suparna, Gede |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/105746 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/105746/54242 |
Daftar Isi:
- Perubahan gaya hidup masyarakat mempengaruhi berbagai konsumsi, salah satu pelopornya adalah Kopi Janji Jiwa yang memiliki kualitas tinggi sehingga memicu konsumen melakukan proses pembelian sebelum memutuskan untuk membeli suatu produk. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran citra merek memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan di Kota Denpasar dengan jumlah sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan metode penentuan sampelnya adalah purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis jalur, uji sobel dan uji VAF. Hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap citra merek, citra merek berpengaruh positif dan signfikan terhadap keputusan pembelian, dan citra merek secara positif dan signifikan mampu memediasi pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Implikasi teoritis dari hasil penelitian ini memberikan bukti pada pengembangan ilmu manajeman pemasaran. Implikasi praktis dari hasil penelitian ini yakni perusahaan harus lebih memperhatikan konsumen seperti memberikan pelayanan yang bagus, membuat konsumen loyal yang bisa dilakukan dengan cara memberikan reward seperti pemberian voucher, diskon, dan promo menarik lainnya. Penelitian ini diharapkan memberikan kontribusi empiris pada ilmu manajemen serta bermanfaat bagi Perusahaan Kopi Janji Jiwa dalam menyusun srategi pemasaran produk. Kata Kunci: Citra Merek; Kualitas Produk; Keputusan Pembelian.
- Changes in people's lifestyles affect a variety of consumption, one of the pioneers of which is Kopi Janji Jiwa which has high quality so that it triggers consumers to make a buying process before deciding to buy a product. The purpose of this study was to analyze the role of brand image in mediating the effect of product quality on purchasing decisions. This research was conducted in the city of Denpasar with a total sample taken of 100 respondents with the method of determining the sample is purposive sampling. The data analysis technique used is path analysis, Sobel test and VAF test. The results showed that product quality has a positive and significant effect on purchasing decisions, product quality has a positive and significant effect on brand image, brand image has a positive and significant effect on purchasing decisions, and brand image can positively and significantly mediate the effect of product quality on purchasing decisions. Theoretical implications of the results of this study provide evidence on the development of marketing management science. The practical implication of the results of this research is that companies must pay more attention to consumers such as providing good service, making loyal consumers which can be done by providing rewards such as giving vouchers, discounts and other attractive promos. This research is expected to provide an empirical contribution to management science and be useful for Janji Jiwa Coffee Company in developing a product marketing strategy. Keywords: Brand Image; Product Quality; Purchase Desicions