PERAN KEPERCAYAAN MEMEDIASI PENGARUH CUSTOMER EXPERIENCE TERHADAP REPURCHASE INTENTION
Main Authors: | Yasa, I Kadek Darmana, Wulandari Kusumadewi, Ni Made |
---|---|
Format: | Article info application/pdf eJournal |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana
, 2024
|
Online Access: |
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/103633 https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/103633/54241 |
Daftar Isi:
- Penggunaan TikTok Shop membutuhkan adanya kepercayaan dari konsumen. Kepercayaan konsumen sengat ditentukan oleh pengalaman konsumen, apabila konsumen memperoleh pengalaman yang baik tentunya akan memiliki kepercayaan yang tinggi. Dengan adanya pengalaman yang baik dan kepercayaan diharapkan konsumen dapat melakukan kegiatan pembelian ulang atas jasa atau produk yang telah dirasakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh customer experience terhadap kepercayaan, pengaruh customer experience dan kepercayaan secara parsial terhadap repurchase intention serta untuk mengetahui pengaruh secara tidak langsung customer experience terhadap repurchase intention melalui kepercayaan. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 90 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji Validitas dan Uji Sobel. Hasil penelitian membuktikan bahwa. (1) Customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention. (2) Customer experience berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan. (3) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap repurchase intention, (4) Customer experience berpengaruh secara tidak langsung terhadap repurchase intention melalui kepercayaan konsumen. Implikasi penelitian ini adalah TikTok Shop diharapkan mampu untuk mempertahankan dan memperhatikan strategi yang dilakukan untuk membuat kepercayaan dan customer experience semakin baik guna meningkatkan repurchase intention. Kata kunci: Customer Experience; Kepercayaan; Repurchase Intention.
- Using TikTok Shop requires trust from consumers. Consumer trust is strongly determined by consumer experience, if consumers get a good experience, they will certainly have high trust. With good experience and trust, it is hoped that consumers will be able to repurchase the services or products that have been experienced. This study aims to determine the effect of customer experience on trust, the effect of customer experience and partial trust on repurchase intention and to determine the indirect effect of customer experience on repurchase intention through trust. The sample in this study amounted to 90 people. The research method used is quantitative. The data analysis technique used in this study is the validity test, reliability test, validity test and sobel test. The research results prove that. (1) Customer experience has a positive and significant effect on repurchase intention. (2) Customer experience has a positive and significant effect on trust. (3) Trust has a positive and significant effect on repurchase intention, (4) Customer experience has an indirect effect on repurchase intention through consumer trust. The implication of this research is that the TikTok Shop is expected to be able to maintain and pay attention to the strategies undertaken to make trust and customer experience better in order to increase repurchase intention Keywords: Customer Experience; Trust; Repurchase Intention.