PERAN BRAND AWARENESS MEMEDIASI DAYA TARIK CELEBRITY ENDORSER TERHADAP NIAT BELI PRODUK PAKAIAN MEREK ERIGO

Main Authors: Saputra, Made Kurniawan, Respati, Ni Nyoman Rsi
Format: Article info application/pdf eJournal
Bahasa: eng
Terbitan: Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , 2023
Online Access: https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102153
https://ojs.unud.ac.id/index.php/manajemen/article/view/102153/50950
Daftar Isi:
  • Perkembangan bisnis fashion selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya, hal ini didukung oleh berkembangnya media sosial setiap tahunnya, salah satunya ialah Erigo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness dalam memediasi pengaruh daya tarik celebrity endorser terhadap niat beli produk pakaian merek Erigo bagi pengguna Instagram di Kota Denpasar. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling khususnya purposive sampling. Jumlah responden pada penelitian ini sebanyak 110 responden yang memiliki akun Instagram aktif dan belum pernah membeli produk pakaian merek Erigo. Hasil analisis dari penelitian ini yakni semua hipotesis penelitian diterima. Implikasi penelitian ini adalah pihak manajemen Erigo lebih memperhatikan daya tarik celebrity endorser mereka dengan harapan mampu mempengaruhi niat beli konsumen, dari daya tarik celebrity endorser yang baik juga mampu meningkatkan brand awareness dari Erigo sehingga berpengaruh terhadap niat beli konsumen. Kata kunci: Daya tarik celebrity endorser; Brand awareness; Niat beli
  • Development of the fashion business always increases every year, supported by the development of social media every year, one of which is Erigo. This study aims to determine the effect of brand awareness in mediating the influence of the attractiveness of celebrity endorsers on the purchase intention of Erigo brand clothing products for Instagram users in Denpasar City. This research was using non-probability sampling methods, especially purposive sampling. The number of respondents in this study was 110 with active Instagram accounts and never buying Erigo brand clothing products. The results of the analysis of this study are that all research hypotheses are accepted. This research implies that Erigo's management pays more attention to the attractiveness of their celebrity endorsers in the hope of being able to influence consumer purchase intentions, from the attractiveness of a good celebrity endorser is also able to increase Erigo's brand awareness so that it influences consumer purchase intentions. Keywords: Celebrity Endorser Attractiveness; Brand Awareness; Purchase Intentions